2 Fungsi Headrest Mobil yang Wajib Diketahui

Fungsi Headrest

Fungsi headrest pada mobil sendiri dapat memengaruhi terhadap keselamatan penumpang di dalamnya. Bahkan, komponen satu ini juga tidak hanya berfungsi untuk sandaran kepala saja. melainkan juga berfungsi untuk menghindari terjadinya cedera pada leher apabila terjadi sesuatu yang tak diingkan.

Lalu, apa saja fungsi headrest mobil ini? Berikut ulasannya bisa Haiser simak bawah ini :

Fungsi Headrest Mobil

Setidaknya headrest memiliki dua fungsi utama yang cukup penting untuk keselamatan penumpang. Berikut penjelasannya.

Meminimalisir Adanya Cedera

Ketika terjadi kecelakaan, kepala penumpang akan secara langsung terbentur ke arah depan lalu akan kembali lagi ke belakang. Apabila benturan tersebut terjadi sangat keras, maka dapat mengakibatkan cedera atau bahkan patah tulang leher.

Bisa dikatakan, cedera yang terjadi pada leher sebenarnya merupakan sesuatu yang cukup serius. Hal tersebut dikarenakan dapat berpotensi cacat seumur hidup atau bahkan lebih paranya hingga meninggal seketika. Dan oleh sebab itu lah, kamu tidak boleh asal dalam hal mengatur ketinggian headrest pada mobil kamu.

Sebagai Alat Bantu Darurat

Kedua besi penyangga yang ada pada headrest ini sebenarnya bisa kamu gunakan untuk menyelamatkan diri ketika berada dalam kondisi darurat. Misalnya saja seperti saat kamu mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan kita tergencet dengan kendaraan lain sehingga pintu mobil kamu tidak bisa dibuka. Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa menggunakan kedua besi penyangga headrest ini untuk memecahkan kaca mobil kamu.

Caranya cukup mudah, kamu hanya cukup melepaskan besi headrest dari jok mobil dengan cara menekan tombol kecil yang ada di sekitar pangkal headrest tersebut. Kemudian, selipkan gagang besi ini di antara kaca dan juga trim pintu. Apabila gagang besi tersebut sudah menancap dengan tepat, maka kamu dapat menekannya ke bawah dan kaca mobil tersebut pun akan pecah dengan sendirinya.

Mengatur Posisi Headrest dengan Tepat

Setelah mengetahui betapa pentingnya fungsi dari headrest ini, maka setidaknya kamu tidak bisa asal untuk mengatur posisi headrest tersebut. Pada dasarnya, headrest sendiri ada yang bisa diatur dan juga ada yang tidak. Adapun untuk model headrest yang tidak bisa diatur, biasanya pabrik telah mengatur posisinya disesuaikan dengan aspek keselamatan.

Nah untuk headrest yang bisa diatur, pastikan pada saat posisi duduk di jok mobil punggung kamu dapat bersandar penuh di sandaran bangku. Kemudian, kamu bisa menekan klip pengunci agar headrest bisa dinaik-turunkan. Lalu kamu hanya perlu mengatur headrest agar bisa mencapai ketinggian yang pas. Pastikan pula bahwa bagian tengah headrest sudah sejajar dengan ujung atas telinga.

Dan itu dia penjelasan singkat mengenai fungsi headrest yang wajib kamu ketahui. Jangan sepelekan headrest ini di dalam mobil, karena sebenarnya headrest memiliki fungsi yang sangat krusial. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan