4 Penyebab Timbul Bunyi Ketika Mobil Mundur

Timbul Bunyi Ketika Mobil Mundur

Timbul Bunyi Ketika Mobil Mundur  – Untuk kamu yang memiliki mobil dengan transmisi otomatis mungkin pernah mengalami permasalahan bunyi saat mobil kamu berjalan muncur. Bunyi ini biasanya dihasilkan dari minimnya perawaran yang dilakukan pada mobil hingga adanya faktor human error saat penggunaan. Walaupun begitu, muncul bunyi saat mobil mundur ini jangan disepelekan.

Penyebab Timbul Bunyi Ketika Mobil Mundur

Jika hal tersebut tak segera diatasi, maka suara yang ditimbulkan bisa jadi semakin kencang dan berpotensi menyebabkan kerusakan komponen lain. Lalu, apa penyebab mobil mundur timbul bunyi?

1. Bunyi Sensor Parkir

Sebelum berfikir bahwa timbulnya bunyi saat mobil mundur adalah karena kerusakan, pastikan dahulu apakah mobil yang kamu gunakan memiliki sensor parkir? JIka benar, maka tak perlu khawatir, karena bunyi yang dihasilkan biasanya timbul dari sensor parkir tersebut.

Ketika kamu memundurkan mobil dan hendak parkir, biasanya sensor parkir akan menyala dan menjadi penanda agar mobil tidak menabrak benda yang terdapat di bekangnya. Sensor parkir ini akan bunyi “beep” apabila terdapat sesuatu objek di sekitar mobil.

2. Oli Mesin Kurang

Oli mesin sendiri memiliki fungsi untuk melumasi semua komponen di dalam mesin mobil. Kurangnya oli yang ada di dalam mesin akan membuat mobil kamu timbul bunyi ketika mundur. Hal ini termasuk juga pada bagian transmisi mobil, jika kadar oli mesin kendaraan tidak dalam ukuran yang dianjurkan. Maka hal tersebut dapat menyebabkan komponen di dalamnya akan mudra berkarat dan aus.

3. Mobil Jarang Dirawat

Timbul bunyi pada saat mobil mundur bisa menjadi tanda penting bagi para pemilik mobil. Hal ini dikarenakan pada kondisi normal, mobil tidak mengeluarkan suara yang tak seharusnya muncul. Jadi, apabila tiba-tiba muncul bunyi yang janggal dari biasanya, maka kemungkinan besar terdapat masalah.

Dan sumber masalah ini biasaya karena mobil jarang diperiksa secara rutin. Dan alhasil, kotoran pun akan menumpuk di dalam mesin dan mennyebabkan komponen tidak berfungsi secara maksimal.

4. Tuas Transmisi Rusak

Bagi pemilik mobil dengan transmisi otomatis mungkin sudah mengetahui bahwa mobil jenis transmisi ini membutuhkan perawatan yang ekstra darpada transmisi manusl. Bagian tuas mobil cenderung mudah bermasalah jika tidak dilakukan perawatan secara rutin. Jika timbul muncul saat mobil mundur, maka kamu perlu mencurigai bahwa tuas transmisi bermasalah.

Dan masalah tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena adanya kotoran yang menyumbat, komponen rusak dana us, hingga kurangnya cairan pelumas. Hal ini mendandakan pentingnya melakukan perawatan dan servis secara rutin.

Dan itu dia penyebab timbul bunyi ketika mobil mundur yang perlu kamu ketahui. Intinya adalah jangan pernah lupa untuk melakukan servis secara rutin untuk menghindari hal tersebut terjadi. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan