Koil Mobil Mati, Berikut 3 Penyebabnya

Koil Mobil Mati

Koil Mobil Mati – Koil ataupun kumparan pengapian merupakan salah satu komponen kelistrikan pada kendaraan bermotor. Fungsi koil sendiri untuk mengubah tegangan primer (dari baterai) menjadi tegangan sekunder. Dan komponen ini dapat menghasilkan tegangan yang cukup besar, apa pada kisaran 15.000-30.000 Volt.

Tegangan tersebut lalu digunakan pada pengapian untuk sistem pembakaran mesin. Dan komponen ini dirancang untuk dapat bertahan di dalam kondisi yang ekstrem seperti suhu tinggi dan juga tegangan listrik tinggi.

Penyebab Koil Mobil Mati

Walaupun begitu, bukan berarti komponen koil mobil ini tidak dapat rusak atau mati. Sebagai salah satu komponen listrik, ketahanan koil mobil sangat bergantung dengan tegangan listrik. Apabila komponen ini rusak, maka penyebab nya pun kemungkinan tidak jauh dari listrik. Berikut beberapa penyebab koil mobil mati.

Tegangan Listrik Terlalu Tinggi

Penyebab koil mobil mati yang pertama adalah adanya tegangan listrik yang terlalu tinggi. Bisa dibilang, penyebab ini lah yang menjadi faktor utama terjadinya koil mati.  Adanya perubahan tegangan listrik yang tinggi ini disebabkan adanya gangguan pada busi. Busi dan juga kabel busi yang rusak akan menyebabkan tegangan output dari koil meningkat secara drastis.

Dan dampaknya adalah insulator di dalam koil pun rusak sehingga adanya korslering listrik. Dan tentunya koil tidak dapat menghasilkan tegangan listrik dan mesin mobil juga menjadi tidak bisa dihidupkan.

Kebocoran Kompresi Mesin

Penyebab koil mobil yang mati berikutnya adalah kebocoran pada kompresi mesin. Kompresi ini bertugas untuk memberikan tekanan pada bahan bakar untuk mencapai ruang bakar mobil. Komponen ini dapat mengalami kebocoran dan juga mengakibatkan koil mati akibat beberapa hal. Salah satunya adalah karena masalah pada piston.

Piston yang sudah aus akan membuat celah di antara piston dan juga dinding silinder yang membesar. Celah inilah yang membuat kompresi mengalami kebocoran. Apabila kompresi mesin mengalami kebocoran, maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil juga akan rendah. Dan dampaknya adalah koil pengapian tidak dapat menghasilkan tegangan listrik sehingga dapat masuk ke fase misfire atau biasa disebut dengan mati total.

Injektor Rusak

Penyebab terakhir dari koil mati adalah adanya gangguan pada sistem injeksi, tepatnya pada komponen injector. Biasanya, ketika kamu sudah mengecek busi dan kabel busi tidak ada masalah, maka ini lah yang menjadi penyebab koil mati.

Cek terlebih dahulu restrictor pada injektor bahan bakar yang ada pada kumparan utama dan juga kedua. Lakukan pengecekan juga pada tegangan injektor.Kamu bisa menggunakan lampu noid untuk melakukan pemeriksaat sirkuit driver injektor PCM (Powertrain Control Module).

Dan itu dia penyebab koil mobil mati, untuk memperbaikinya kamu perlu bantuan mekanik yang sudah berpengalaman. Datangi bengkel kepercayaan kamu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan secara rutin agar hal seperti ini dapat dihindari dan juga diminimalisir. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan