Kategori: Tips Otomotif

Perlukah Mengangkat Wiper Mobil Saat Parkir di Ruang Terbuka?

Jika kamu perhatikan, mungkin tidak sedikit dari pengendara yang mengangkat wiper mobil saat parkir di ruang terbuka. Dengan alasan, untuk meminimalisir terjadinya masalah pada karet wiper mobil kamu. Akan tetapi, apakah benar hal itu perlu untuk dilakukan? Simak berikut ini penjelasannya.

Perlukah Mengangkat Wiper Mobil Saat Parkir di Ruang Terbuka?

Pada dasarnya, mengangkat wiper mobil saat parkir di ruang terbuka menimbulkan berbagai pro dan kontra. Dalam hal ini, memang ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan wiper mobil berpotensi menjadi cepat aus jika dibiarkan menempel di kaca mobil. Salah satunya, saat mobil diparkir berhari-hari di tempat terbuka. Nah kaca mobil yang terpapar langsung oleh sinar matahari tersebut bisa menyebabkan komponen ini menjadi melengkung. Sebab, panas matahari dapat membuat kaca menjadi sangat panas dan akan melelehkan karet wiper tersebut.

Bahkan bila sudah menempel pada kaca, maka saat digunakan nantinya bisa membuat karet wiper menjadi kering dan retak. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh terhadap kinerja dari wiper tersebut. Oleh karena itu, beberapa orang menyarankan agar mengangkat wiper mobil saat parkir di tempat terbuka.

Namun tidak sedikit pula, yang menyatakan bila mengangkat wiper mobil dengan waktu yang relatif lama dapat mengubah bentuk atau kontur pada komponen tersebut. Apalagi, jika kamu memarkirkan mobil di ruang terbuka dan cukup lama. Tentunya, hal ini akan membuat bentuk karet wiper menjadi lebih bergelombang. Dengan demikian, akan berpengaruh terhadap kinerja dari wiper mobil kesayangan kamu ini.

Selain berpotensi mengubah bentuk karet wiper, dampak lainnya yakni dapat berpengaruh terhadap usia per pada tuasnya. Bahkan, jika kamu terlalu sering mengangkat wiper, maka dapat berpotensi membuat pegasnya menjadi lebih cepat rusak.

Solusi Agar Tidak Perlu Mengangkat Wiper Saat Parkir

Dalam hal ini, sebaiknya kamu tidak memarkirkan mobil kesayangan kamu di bawah sinar matahari secara langsung. Namun apabila kondisinya mengharuskan untuk memarkir mobil tersebut di ruang terbuka, maka kamu bisa mengatasinya dengan melapisi bagian karet tersebut dengan menggunakan koran atau pelapis lainnya.

Nah hal ini sendiri diklaim dapat membantu untuk meminimalisir agar pegas tidak cepat rusak akibat terlalu sering mengangkat wiper. Dengan melapisi bagian tersebut dengan pelapis, bisa menjadi salah satu solusi agar kamu tidak harus mengangkat wiper mobil kamu saat terparkir di ruang terbuka.

Pos Terbaru

Kesulitan Buka Baut Velg, Hindari dengan 4 Tips Ini!

Baut (lug nut) velg merupakan komponen yang sangat penting walaupun ukurannya terbilang kecil. Baut velg… Read More

1 hari lalu

Perbedaan Poles,Waxing, dan Sealant pada Cat Mobil

Mobil yang ingin tampil kinclong tak cukup jika hanya dicuci saja. Kamu juga bisa melakukan… Read More

2 hari lalu

Ketahui Fungsi Towing Bar Pada Mobil

Towing bar merupakan salah satu aksesoris atau perlengkapan menderek yang digunakan beberapa orang untuk pemilik… Read More

3 hari lalu

Jenis-Jenis Antena Mobil yang Beredar di Pasaran

Antena mobil digunakan untuk menangkap sinyal pada perangkat elektronik yang berada di dalam mobil, seperti… Read More

4 hari lalu

“Ingat Velg, Ingat HSR” Official Theme Song HSR Wheel

HSR Wheel telah meluncurkan official theme song-nya yang berjudul “Ingat Velg, Ingat HSR”. Lagu ini… Read More

5 hari lalu

Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting penunjang keselamatan saat berkendara. Sebab, hal ini sangat… Read More

6 hari lalu