Kategori: Tips Otomotif

Penanganan Setelah Banjir, Lakukan 5 Hal Ini Pada Mobil Kamu!

Tidak dipungkiri, penanganan setelah banjir khususnya pada mobil juga perlu untuk dilakukan. Sebab, banjir sendiri dapat merusak berbagai komponen yang terdapat pada kendaraan. Oleh karena itu, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan setelah mobil kamu terendam banjir. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penanganan Setelah Banjir Pada Mobil

Nah berikut ini penanganan setelah banjir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah semakin besarnya kerusakan pada mobil kesayangan kamu. Cara ini bisa dilakukan sebagai langkah awal sebelum membawa mobil kamu ke bengkel terdekat untuk memeriksa kondisinya lebih dalam. Berikut ini penjelasannya.

Lepaskan Kabel Baterai

Dalam hal ini, pemilik mobil disarankan untuk segera melepaskan kabel baterai (aki) saat air tersebut surut. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko terjadinya korsleting sehingga dapat merusak komponen-komponen elektronik yang ada di dalamnya.

Jangan Langsung Menyalakan Mesin Mobil

Saat mobil kamu terendam banjir, usahakan untuk mendorong mobil kamu ke pinggir terlebih dahulu atau ke tempat yang tidak tergenang air. Dalam hal ini, pastikan juga untuk tidak mencoba menyalakan mesin ketika memindahkan posisi mobil tersebut. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena dapat menimbulkan korsleting dan semakin banyaknya air yang masuk ke dalam mesin.

Hindari Penggunaan Rem Tangan

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan, yakni melepas rem tangan kemudian pada sistem manual kamu bisa masukkan transmisi ke gigi 1. Sedangkan, untuk kendaraan bertransmisi otomatis kamu bisa memasukkannya ke posisi P. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah agar kampas rem tidak menempel pada tromol maupun piringan cakram.

Periksa Kondisi Pelumas Mobil

Pelumas mesin mobil juga bisa terkena dampak ketika mesin terendam dalam air. Nah kamu bisa memperhatikan kondisi tersebut melalui indikator pada warna pelumasnya. Jika berada pada kondisi normal, maka olinya akan berwarna kuning kehitaman. Namun, apabila tercampur air maka akan berubah menjadi putih serta berbusa. Jika kondisi tersebut terjadi, maka kamu harus segera mengganti pelumas mobil kamu sebelum kembali digunakan.

Jangan Nyalakan Mesin Sampai Kendaraan Kamu Kering

Jika keadaan mobil kamu terendam banjir, maka jangan sesekali mencoba untuk menghidupkan mesinnya. Sebaiknya, biarkan selama 24 jam atau satu hari penuh agar kendaraan kamu benar-benar kering. Setelah itu, kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat untuk melakukan pemeriksaan secara lebih mendalam.

Pos Terbaru

Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting penunjang keselamatan saat berkendara. Sebab, hal ini sangat… Read More

9 jam lalu

Pakai Ban Beda Merek, Apakah Aman?

Ban adalah salah satu komponen yang perannya sangat penting dalam menunjang keselamatan. Maka, ban yang… Read More

2 hari lalu

Ingin Ganti Wiper? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Wiper adalah komponen yang sangat penting dalam menunjang visibilitas pengemudi, apalagi ketika berkendara dalam cuaca… Read More

3 hari lalu

Biaya Resmi Bayar Pajak Plat Nomor Cantik

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat mobil dengan plat nomor cantik dengan angka… Read More

4 hari lalu

5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

Mobil derek termasuk dalam kategori jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menderek kendaraaan yang mengalami… Read More

5 hari lalu

Memilih Carbon Cleaner yang Tepat untuk Mesin Mobil

Bagaimana caranya memilih carbon cleaner yang tepat? Banyak orang belum mengetahui tentang cairan pembersih mesin… Read More

1 minggu lalu