Penyebab Indikator Check Engine Avanza Menyala

Penyebab Indikator Check Engine Avanza Menyala

Penyebab Indikator Check Engine Avanza Menyala – Lampu indikator yang terdapat di panel informasi mobil sebenarnya memiliki arti khusus masing-masing. Biasanya lampu indikator tersebut berfungsi untuk menyampaikan sebuah pesan peringatan. Bagi kamu pemilik mobil Toyota Avanza dan mengalami masalah perihal lampu indikator Check Engine yang terus menyala. Maka sebenarnya hal tersebut memiliki beberapa arti yang bertanda bahwa ada masalah yang perlu segera dibenahi.

Ketika lampu indikator ini menyala, maka memiliki arti ada sebuah masalah yang mengganggu kinerja dari mobil Avanza. Namun untuk kamu yang mengalami masalah ini tak perlu khawatir secara berlebihan. Dikutip melalui laman resmi Auto200, hal tersebut sebenarnya ada beberapa sebab dan juga solusi untuk mengatasinya. Untuk mengetahui rangkuman lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Penyebab Indikator Check Engine Avanza Menyala

ECU Alami Arus Pendek

Salahs atu penyebab pertama lampu indikator Check Engine Avanza menyala terus adalah karena adanya arus pendek di dalam ECU. Hal ini bisa terjadi karena tegangan pada aki mobil tidak stabil. Dan biasanya hal ini akan dialami oleh mobil Avanza dengan transmisi manual.

Ketika masalah ini terjadi, cabut kabel konektor negative pada aki, lalu tunggu selama 10 detik. Kemudian pasang kembali kabel tersebut dan cek apakah lampu indikator check engine masih menyala atau sudah mati.

Filter Udara Kotor

Komponen filter udara yang terlalu kotor juga bisa menjadi salah satu penyebab lampu check engine terus menyala. Ketika filter udara sudah terlalu kotor, maka suplai udara ke dalam ruang bahan bakar menjadi terhambar. Kamu perlu membersihkan filter udara tersebut secepatnya sebagai penanganan, dan apabila sudah tidak bisa dibersihkan maka mau tidak mau perlu dilakukan penggantian secepatnya.

Indikator Check Engine Avanza Menyala Karena Sensor Oksigen Rusak

Sensor oksigen memiliki fungsi untuk memonitor oksigen yang ada di dalam knalpot dan juga bertugas menentukan berapa banyak bahan bakar yang yang akan terbakar. Jika sensor ini rusak, maka kinerja mesin pun akan terganggu juga. Hal inilah yang menyebabkan lampu check engine langsung menyala, dan cara menanganinya adalah dengan mengganti sensor oksigen tersebut dengan yang baru.

Rusaknya Catalytic Converter

Untuk yang belum mengetahuinya, komponnen catalytic converter memiliki fungsi untuk merubah karbon monoksida dan zat berbahaya lainnya menjadi zat yang lebih aman untuk lingkungan. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka tak hanya lampu check engine saja yang menyala, namun bbm mobil juga akan cepat habis serta mobil kehilangan tenaganya untuk melaju.

Tutup Bensin Tidak Rapat

Hal sepele ini menjadi penyebab lampu check engine yang terus menyala pada mobil Avanza kamu. Ketika kamu mengisi bahan bakar, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa penutup bensin tertutup dengan sempurna. Apabila tutup bensin tidak rapat, maka lampu check engine akan otomatis menyala.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan