Mengenal Piston Rem Mobil dan Jenisnya

Piston Rem Mobil

Piston Rem Mobil – Sebagai pemilik kendaraan, komponen piston di dalam mobil mungkin sudah sering di dengar oleh kamu. Adanya komponen ini di dalam mobil pastinya memiliki fungsi yang sangat penting. Namun perlu kamu ketahui bahwa piston sendiri tidak hanya ada di dalam mesin, namun ada juga yang ditempatkan di bagian rem. Piston rem mobil memiliki peran yang sangat vital dalam sistem pengereman mobil.

Sama halnya seperti sebuah piston di dalam blok mesin, pistom rem ini juga memiliki bentuk silinder. Namun, tentu saja fungsi dan tugasnya berbeda. Pada sistem pengereman sendiri piston ini berfungsi untuk menekan kampas rem.

Dan perlu kamu ketahui, komponen piston rem ini hanya bisa kamu dapati pada mobil dengan sistem rem cakram saja. Dikutip dari laman resmi Auto2000, berikut informasi piston rem mobil yang mungkin perlu kamu ketahui.

Tentang Sistem Rem Cakram

Jenis pengereman yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh pengguna kendaraan. Rem cakram saat ini memang sudah banyak disematkan pada mobil keluaran terbaru, mulai dari tipe terendah hingga tipe tertinggi pun banyak yang menggunakan rem jenis ini.

Sistem pengereman yang prosesnya menggunakan komponen tambahan piringan cakram ini memiliki dua buah kampas rem yang menjepit cakram agar dapat memperlambat putaran ban mobil.

Keuntungan Piston Rem Mobil

Ketika pengemudi menekan pedal rem, maka secara hidrolik akan timbul gaya tekan pada kabel dan akan membuat piston rem menekan kampas rem. Tekanan yang ditimbulkan akan semakin kuat seiring dengan injakan pedal rem pengemudi. Semakin dalam kamu menginjak pedal rem, maka akan semakin kuat juga piston menekan kampas rem.

Dengan sistem ini, maka akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh pengguna mobil. Yang pertama adalah radiasi yang didapat akan lebih baik, selanjutnya dapat lebih cepat kering apabila terkena air, dan pengereman pun akan lebih terasa responsive.

Keuntungan lain yang bisa didapat oleh pengguna rem jenis ini adalah jumlah komponen dan juga konstruksinya cukup simpel. Rem cakram sendiri memiliki desain yang cukup sederhana, karena memang hanya rerdiri dari tiga bagian saja yaitu cakram, kaliper yang diisi oleh piston dan juga kampas rem.

Jenis Rem Cakram

Rem cakram yang digunakan pada mobil bisa dikatakan memiliki beberapa jenis. Apabila dikelompokkan dari jumlah pistonnya, maka akan ada dua jenis rem cakram. Yang pertama dalah tipe single piston, rem cakram ini hanya memiliki satu piston aktif sesuai dengan namanya. Piston ini bergerak untuk menekan kampas rem, namun tidak berarti hanya satu sisi saja yang bisa tertekan. Sisi lainnya juga akan otomatis tertekan karena pada tipe floating, posisi kaliper dapat bergeser untuk menekan kampas rem.

Untuk tipe kedua sendiri memiliki dua buah piston yang aktif dan menekan kedua sisi kampas rem. Jenis ini memang memiliki daya tekan yang lebih kuat dan juga optimal, namun konstruksi kaliper dari jenis douple piston ini termasuk rumit.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan