Kamu Sering Parkir Mobil Miring? Ini Dia Dampaknya!

Efek Parkir di posisi Miring

Parkir mobil dalam posisi miring ternyata memiliki efek negatif terhadap performa mobil. Hal ini seperti yang dikutip dari Auto2000, memarkirkan kendaraan secara sembarangan bisa merusak suspensi mobil dalam jangka panjang. Sehingga dianjurkan untuk parkir di tempat yang datar.

Nah, apa saja sih efek parkir mobil miring? dan bagaimana tips parkir mobil pada permukaan miring? Simak informasi di bawah ini sampai selesai ya!

Efek Parkir Mobil Miring

Dianjurkan untuk tidak memarkirkan mobil secara sembarangan. Sehingga sebelum memarkirkan kendaraan, kamu harus memastikan suhu, ruangan, dan posisi kemiringan. Terlebih lagi jika kamu ingin parkir dalam waktu yang lama. Sebab, akan berhubungan dengan kaki-kaki mobil.

Contohnya, saat mobil kamu parkir pada permukaan yang menanjak, akan memperpendek usia suspensi pada sisi yang menompang beban terberat. Nah, apabila hal-hal ini terus berulang kali, efek jangka panjangnya akan merusak performa mobil.

Oleh karenanya, dianjurkan untuk parkir mobil pada permukaan datar. Lantas bagaimana tips parkir mobil yang baik jika daerah tersebut tidak memiliki permukaan yang datar. Begini solusinya!

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil

Solusi Parkir di Permukaan Miring

Parkir di posisi miring memang tidak disarankan sekali, namun apabila kamu tidak menemukan permukaan datar untuk parkir tidak masalah. Berikut ini solusi parkir di permukaan miring jika terdesak.

1. Pastikan Ban Depan Mengarah ke Trotoar atau Pundak Jalan

Kamu bisa arahkan ban depan mobil ke trotoar atau pundak jalan. Agar ban tertahan di permukaan tersebut. Hal ini juga akan membuat kamu mudah keluar dari area parkir.

2. Masukan Gigi pada Mobil

Jika mobil kamu merupakan mobil manual, kamu bisa memasukkan gigi 1 pada mobil supaya roda semakin terkunci. Langkah ini bisa kamu terapkan ketika parkir dalam status menurun, hanya saja kamu perlu memasukkan transmisi mundur (R).

3. Aktifkan Mode Parkir

Apabila mobil kamu merupakan mobil matic, lakukan penyesuaian terhadap tuas transmisinya. Langkah ini pun harus Anda sesuaikan dengan tingkat kemiringan jalan, entah agak miring atau terjal. Dengan begitu, mobil tak akan bergerak sendiri saat Anda tinggal.

4. Ganjal ban Mobil dengan Balok Kayu

Nah, apabila kamu terpaksa untuk parkir di tanjakan, bidang menurun, maupun miring. Kamu bisa mengganjal ban mobil dengan balok kayu atau batu bata. Cara ini terbilang simpel, tetapi cukup efektif  dalam menekan risiko supaya mobil tidak mundur atau meluncur secara perlahan-lahan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan