Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan. Sebab, hal ini sangat berkaitan erat dengan visibilitas atau pandangan pengendara mobil. Tapi, pernahkah kamu memperhatikan titik-titik hitam atau frit band yang ada di pinggiran kaca depan atau belakang mobil ? Lalu, apa sih fungsi sebenarnya ? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Frit Band ?

Beberapa orang terkadang tidak menyadari keberadaan frit (titik-titik hitam) di sekeliling pinggiran kaca depan atau belakang mobil. Bahkan, bisa saja kita tidak mengetahuinya. Awalnya frit band digunakan  secara luas pada pertengahan tahun 70-an yang pada saat itu orang-orang banyak menggunakan mobil sedan buatan Amerika dan mengaplikasikan jenis kaca yang ditempel hanya menggunakan lem. Akan tetapi, hal itu berbeda dengan saat ini, seiring perkembangan zaman, tebal frit band diperbesar sebagai pelindung lem dengan titik-titik yang ukurannya bervariasi di setiap mobil.

Hingga kin, frit band masih memiliki peran yang sangat penting dalam menempelkan kaca depan ke body mobil, sebab kaca mobil modern dibuat dengan material safety berbahan khusus yang permukaannya tidak akan mudah ditempelkan lapisan besi pada frame bodi. Oleh sebab itulah, frit sangat dibutuhkan. Frit berperan sebagai titik temu antara kaca dan bingkainya agar permukaan frit bisa membuat perekat menempel dengan efektif. Hasilnya kaca dan frame bisa menyatu dengan baik.

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Fungsi Frit Band

Selain berguna sebagai perekat antara kaca dengan frame agar menyatu dengan baik, frit juga memiliki fungsi sebagai pelindung radiasi dari sinar ultraviolet. Bagian luar dari frit melindungi perekat agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Bintik-bintik hitam atau frit membantu membuang panas pada permukaan kaca dan membuat transisi cahaya di kaca menjadi lebih halus agar pandangan pengemudi lebih nyaman di bawah sinar matahari yang terik. Selain sebagai fungsi estetik di mobil, frit band juga berfungsi untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Jadi, sekarang sudah kamu paham kan apa itu frit band dan fungsinya?  

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan