Kategori: Tips Otomotif

Dua Mobil Indonesia Hasil Karya Anak Bangsa yang Patut Dibanggakan!

Mobil Indonesia bukan yang pertama kali hadir ditengah-tengah ramainya mobil produksi luar negeri, tapi sudah sejak zaman dahulu. Masyarakat Indonesia memang memiliki cita-cita untuk memiliki mobil nasionalnya sendiri hasil produksi dalam negeri. Pengembangan mobil nasional ini sebenarnya memang sudah dilakukan sejak dahulu, tapi jalannya memang selalu tak berakhir mulus.

Apa Saja Mobil Indonesia Buatan Anak Bangsa?

Sebenarnya, ada banyak mobil buatan anak bangsa yang dicalonkan untuk mobil nasional, tetapi yang diproduksi secara masal bisa dihitung jari dan selalu kalah bersaing dengan pasar otomotif di Indonesia yang didominasi mobil-mobil buatan Jepang. Walaupun demikian, kita tetap harus mengapresiasi dan bangga dengan mobil-mobil yang pernah diciptakan anak bangsa ini. Berikut di bawah ini mobil buatan dalam negeri yang masih dikembangkan dan eksis hingga saat ini.  

Esemka

Mobil Esemka merupakan rakitan karya anak bangsa yang berasal dari SMK di Solo. Hampir semua komponen mobil yang dirancang berasal dari dalam negeri. Mobil ini sempat mendapat pujian beberapa tahun silam oleh Presiden Joko Widodo.

Mobil Esemka hingga saat ini masih berkembang dan tersedia dengan jenis dan varian seperti SUV, MPV, hingga pick up. Mobil Esemka memiliki tenaga diatas 1000 cc. Produksi mobil Esemka terus dikembangkan untuk menarik perhatian konsumen di dalam negeri.

Mahesa

Mahesa disebut juga sebagai mobil pedesaan dalam negeri. Mobil ini menjadi alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDES) yang berperan penting untuk memajukan bidang agricultural yang menjadi ciri khas negara Indonesia.  

Mobil Mahesa ini diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia. Mahesa sempat dipamerkan pada GIIAS 2018. Mungkin kamu baru mengetahui mobil ini, tapi mobil dalam egeri ini sudah laris terjual di Nigeria. Soal mesin, mobil ini dibekali dengan mesin diesel sebesar 14 hp.

Nah, itu dia dua mobil hasil karya anak bangsa yang saat ini masih eksis dan terus dikembangkan. Sebagai masyarakat Indonesia, sudah seharusnya kita mengapresiasi produk-produk buatan dalam negeri demi mendukung kemajuan bangsa, khususnya dalam dunia otomotif.

Pos Terbaru

Inilah Perjalanan Mitsubishi Lancer Evolution dari Generasi ke Generasi

Mitsubishi Lancer merupakan salah satu sedan legendaris yang pernah eksis di Indonesia pada jamannya. Mobil… Read More

1 hari lalu

Porsche Macan S, Lebih Kencang dengan V6 Turbo!

Porsche Macan S merupakan SUV yang berasal dari Jerman. Seperti yang kita ketahui, mobil ini… Read More

2 hari lalu

5 Bahaya Menyimpan Hand Sanitazer di Mobil

Menyimpan hand sanitizer di mobil kerap kali dilakukan sebagai upaya pencegahan virus covid-19. Situasi pandemi… Read More

2 hari lalu

All New BMW 320i, Mobil Sport Premium Penuh Inovasi

Tahun 2019 lalu, BMW Group Indonesia merilis varian terbaru dari sedan seri 3 andalannya, yaitu … Read More

3 hari lalu

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof Sebelum Modifikasi!

Apa bedanya sunroof, moonroof, dan panorama roof? Mungkin sekilas terlihat sama, namun ketiga hal tersebut… Read More

3 hari lalu

5 Mobil Bekas di Bawah 80 Juta yang Berkualitas dan Tahun Muda

Jika saat ini kamu punya budget terbatas  tapi ingin memiliki mobil. Ada banyak mobil bekas… Read More

3 hari lalu