Dua Mobil Indonesia Hasil Karya Anak Bangsa yang Patut Dibanggakan!

mobil indonesia

Mobil Indonesia bukan yang pertama kali hadir ditengah-tengah ramainya mobil produksi luar negeri, tapi sudah sejak zaman dahulu. Masyarakat Indonesia memang memiliki cita-cita untuk memiliki mobil nasionalnya sendiri hasil produksi dalam negeri. Pengembangan mobil nasional ini sebenarnya memang sudah dilakukan sejak dahulu, tapi jalannya memang selalu tak berakhir mulus.

Apa Saja Mobil Indonesia Buatan Anak Bangsa?

Sebenarnya, ada banyak mobil buatan anak bangsa yang dicalonkan untuk mobil nasional, tetapi yang diproduksi secara masal bisa dihitung jari dan selalu kalah bersaing dengan pasar otomotif di Indonesia yang didominasi mobil-mobil buatan Jepang. Walaupun demikian, kita tetap harus mengapresiasi dan bangga dengan mobil-mobil yang pernah diciptakan anak bangsa ini. Berikut di bawah ini mobil buatan dalam negeri yang masih dikembangkan dan eksis hingga saat ini.  

Esemka

mobil indonesia

Mobil Esemka merupakan rakitan karya anak bangsa yang berasal dari SMK di Solo. Hampir semua komponen mobil yang dirancang berasal dari dalam negeri. Mobil ini sempat mendapat pujian beberapa tahun silam oleh Presiden Joko Widodo.

Mobil Esemka hingga saat ini masih berkembang dan tersedia dengan jenis dan varian seperti SUV, MPV, hingga pick up. Mobil Esemka memiliki tenaga diatas 1000 cc. Produksi mobil Esemka terus dikembangkan untuk menarik perhatian konsumen di dalam negeri.

Mahesa

mobil indonesia

Mahesa disebut juga sebagai mobil pedesaan dalam negeri. Mobil ini menjadi alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDES) yang berperan penting untuk memajukan bidang agricultural yang menjadi ciri khas negara Indonesia.  

Mobil Mahesa ini diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia. Mahesa sempat dipamerkan pada GIIAS 2018. Mungkin kamu baru mengetahui mobil ini, tapi mobil dalam egeri ini sudah laris terjual di Nigeria. Soal mesin, mobil ini dibekali dengan mesin diesel sebesar 14 hp.

Nah, itu dia dua mobil hasil karya anak bangsa yang saat ini masih eksis dan terus dikembangkan. Sebagai masyarakat Indonesia, sudah seharusnya kita mengapresiasi produk-produk buatan dalam negeri demi mendukung kemajuan bangsa, khususnya dalam dunia otomotif.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan