Sejarah Lengkap Morris Mini dan Mini Cooper

Morris Mini

Mobil mungil Morris Mini buatan inggris ini pertama kali diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) pada tahun 1959. Pada saat itu, BMC juga terkena dampak dari terjadinya krisis di akhir tahun 1950an. Krisis tersebut terjadi ketika Uni Eropa termasuk bagian Inggris mengalami krisis bahan bakar. Hingga akhirnya BMC memutuskan untuk membuat program pembuatan mobil kecil yang ringkas dan hemat BBM.

Proses Awal Produksi Morris Mini

Program tersebut dimulai pada bulan Maret 1957, pemimpin BMC, Leonard Lord menaruh kepercayaan untuk merancang mobil tersebut kepada Alec Issigonis. Alec sendiri bergabung dengan BMC sejak tahun 1936 dan sudah berhasil merancang mobil Morris Minor yang dikerjakan pada tahun 1948. Alec memerlukan waktu sekitar dua tahun sebelum menuju proses produksi Morris Mini pada Agustus 1959.

Desain Morris Mini

Untuk Desain Mobil ini diusung dari model ADO-15 yang ada pada mobil Morris Mini Mark I dan II. Mengusung model ADO-20, mobil ini berkonsep hatchbach dua pintu dengan dimensi panjang 3 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 1,3 meter. Mobil ini juga disebut mobil keluarga karena mampu menampung 5 penumpang yang terdiri dari 4 orang dewasa dan satu orang anak.

Mini Semakin Meninggi

Pada tahun 1964, 1965, dan 1967 Mini semakin meninggi namanya setelah di tahun tersebut menyabet posisi pertama di kejuaraan Monte Carlo Rally. Kejuaraan tersebut merupakan pertandingan rally kejuaraan dunia.

Kunci kemenangan Mini pada saat itu terletak pada penggerak roda depan yang pada kala itu konsep ini masih asing dan belum pernah diterapkan. Tak hanya itu saja, Mini pun menorehkan sejarah baru sebagai pelopor penggunaan konfigurasi mesin pada kejuaraan balap F1. Hal tersebut bisa terjadi karena kejeniusan John Cooper yang sanggup menciptakan tren konfigurasi mesin mobil F1.

Mini & BMW

Beberapa puluh tahun kemudain, tepatnya 42 tahun setelah masa produksi. Produksi mobil mungil ini mulai dihentikan di awal tahun 2000. Saham perusahaan dikuasai sebagian besar oleh BMW, namun mobil Mini Cooper tak begitu jauh berbeda dengan aslinya. Secara spesifikasi memang ada sejumlah perubahan pada jendela, mesin, injeksi, dan disc-brake. Namun hingga saat ini mobil ini tetap menjadi favorit keluarga dimanapun berapa.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan