Bagaimana Cara Memilih Ban Mobil Yang Benar

Saat akan mengganti ban mobil dengan yang baru, tidak bisa sembarangan atau asal membeli ban mobil. Jangan hanya berpatokan pada merek atau brand, tetapi ada hal lain yang juga wajib untuk diperhatikan. Meskipun brand ban mobil yang akan kalian beli termasuk brand yang sudah cukup dikenal dan memiliki reputasi yang baik, ada baiknya untuk selalu memperhatikan faktor-faktor lainnya. Bagi kamu yang belum terlalu paham memilih ban, disini kami akan sedikit memberikan tips bagaimana cara memilih ban mobil yang benar

Memilih Ban Mobil

Cara Memilih Ban Mobil yang Benar

Biasanya para pemilik kendaraan hanya berpatkan pada brand atau merek ban mobil yang akan dibeli. Namun, meskipun brand ban mobil tersebut memiliki reputasi yang baik bukan berarti ban yang ditawarkan masih memiliki performa yang baik atau sesuai dengan mobil yang kamu miliki.

Memeriksa Tahun Produksi Ban

Mengapa harus memeriksa tahun produksi ban? Apakah ban mobil ada masa kadaluarsanya? Berdasarkan apa yang dijelaskan oleh setiap pabrikan mobil, ban tidak ada masa kadaluarsa yang ada adalah masa jaminan ban selama 5 tahun. Namun, dalam beberapa tahun karet ban akan mengalami pengerasan yang mengakibatkan ban kehilangan elastisitas dan getas. Biasanya hal tersebut terjadi ketika ban sudah berusia lima sampai enam tahun. Untuk usia pakai ban sendiri maksimal 3 tahun, jadi disarankan untuk tidak membeli ban yang kode tahun produksinya sudah lewat dari 3 tahun.

Pilih Type Ban Yang Sesuai

Ban mobil memiliki type yang berbeda disesuaikan dengan kegunaan mobil. Type ban Passenger (P) digunakan untuk mobil penumpang, Type ban mobil Light Truck (LT) digunakan untuk truk kecil atau kendaran yang membawa muatan barang, Type ban mobil Temporary (T) ban yang dikhususkan untuk ban cadangan serta digunakan hanya sementara tidak bisa dipakai terus menerus.

Ukuran Ban Mobil

Ukuran ban mobil merupakan faktor yang cukup menentukan dalam hal kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Untuk itu, jangan memilih ban mobil dengan ukuran yang salah. Untuk menentukan ukuran ban yang tepat, kamu harus tahu juga ukuran dari velg yang kamu gunakan.

Pola Ukiran atau Kembangan Ban

Pola ukiran atau kembangan pada tapak ban sama sekali tidak berhubungan dengan estetika, tetapi berfungsi untuk menyesuaikan ban dengan setiap kondisi lintasan. Memilih pola ukiran atau kembangan yang tidak pas dengan lintasan yang bisa kamu lalui, tentunya akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara.

Ukuran Ketebalan ban

Ukuran ban yang disarankan untuk mendapatkan performa yang baik adalah ban yang memiliki ketebalan 50. Semakin tinggi ketebalan ban performa ban yang dihasilkan lebih baik. Memang harga yang ditawarkan untuk ban dengan ketebalan yang lebih tinggi harga yang ditawarkan cukup mahal dibandingkan dengan yang lebih tipis. Tetapi, ban yang lebih tipis memiliki usia pakai ban yang lebih pendek dibandingkan ban yang memiliki ketebalan lebih tinggi.

Hindari Membeli Ban Hasil Vulkanisir

Ban mobil yang kembangannya telah dibatik ulang atau hasil vulkanisir, memang jauh lebih murah dibandingkan dengan ban baru. Namun, memiliki resiko yang cukup tinggi, bahkan resiko terburuknya bisa membayakan nyawa pengendara. Alasannya adalah, ban yang di batik ulang tau vulkanisir adalah ban yang sudah mendekati batas akhir pemakaian dan memiliki profil yang sangat tipis.

Semoga tips tersebut bisa sedikit membantu kamu-kamu yang saat ini ban mobilnya sudah harus diganti. Hal terpenting yang perlu dipahami adalah bagaimana cara membaca kode yang tertera pada ban, kalau belum terlalu memahami kode ban, ada baiknya untuk bertanya pada mekanik atau orang yang benar-benar paham tentang ban mobil.

Bagi kamu yang masih belum bisa menentukan dimana harus mengganti ban mobil, TKB Group Indonesia bisa menjadi pilihan utama. Toko velg dan ban TKB menawarkan ban high performance dari brand Accelera, Forceum, ZeeteX dan juga Yokohama. Untuk setiap pelanggan TKB, akan mendapatkan fasilitas gratis isi nitrogen, tambal ban tubeless, serta balancing hanya dengan mendownload TKB Apps melalui App store ataupun playstore setelah melakukan transaksi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan