Ban Mobil Cepat Habis, Ini Penyebabnya

Ban mobil adalah sebuah komponen dari mobil yang sangat penting karena ban yang menopang seluruh bobot dari mobil. Untuk itu, keadaan komponen tersebut harus dalam keadaan yang prima agar dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.

Akan tetapi, banyak orang yang mengabaikan perawatan untuk ban mobil. Bahkan, ada yang membiarkannya sampai ban terserbut permukaannya habis atau gundul. Tentunya hal ini tidak bisa kamu biarkan karena dapat membahayakan kamu dan penumpang.

3 Hal Penyebab Ban Mobil Cepat Habis

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui penyebab ban mobil cepat habis atau gundul. Mari ketahui penyebabnya agar perjalanan kamu tetap aman dan nyaman.

Tekanan Angin Tidak Standar

Memang hal ini terdengar spele tetapi kamu perlu untuk selalu mengecek tekanan angin pada ban mobil kamu. Selain itu, sebaiknya kamu harus selalu mengisi dengan tekanan yang dianjurkan. Sebab, jika ban dalam keadaan tekanan angin yang kurang dapat mengakibatkan tapak  ban bergesekan dengan jalan yang membuat tapaknya semakin luas dari yang seharunya. Hal tersebut yang membuat ban cepat menipis. Selain itu, ban mobil bisa menjadi retak-retak bahkan bisa pecah saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Bobot Mobil Terlalu Berat

Penyebab selanjutnya adalah bobot mobil yang melebihi kapasitas. Jika bobot mobil dan muatannya semakin berat, maka ban mobil pun akan menopang beban yang semakin berat juga. Maka dari itu kamu perlu perhatikan kode yang berada pada ban mobil. Melalui kode tersebut kamu bisa mengetahui beberapa beban maksimal yang mampu ditanggung oleh setiap bannya.

Tidak Melakukan Perawatan Kaki-Kaki

Banyak orang yang mengabaikan perawatan kaki-kaki mobil, sedangkan perawatan bagian kaki-kaki itu sangat diperlukan. Perawatan yang perlu kamu lakukan adalah spooring dan balancing, jika tidak kamu lakukan dengan rutin akan membuat sudut ban tidak selaras yang akan membuat ban cepat tipis yang tidak merata.

Itulah tiga hal yang dapat membuat ban mobil cepat habis. Untuk itu mengantisipasi hal-hal tersebut, kamu perlu melakukan rotasi ban agar ban mobil bisa habis secara merata. Jika kamu inigin melakukan rotasi ban atau perawatan kaki-kaki seperti balancing, bisa kamu lakukan di toko resmi TKB Group Indonesia terdekat yang ada di kotamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan