Ban Mobil Harus Diganti, Inilah 3 Tandanya!

Kapan sih saatnya ban mobil harus diganti? Ya, ban mobil termasuk salah satu komponen penting yang harus rutin diperhatikan. Jangan sampai kamu terlalu cepat atau telat mengganti ban mobil karena tidak menyadarinya, apalagi karena tidak mengetahui ciri dan tanda-tandanya. Tentu saja hal ini akan membahayakan keselamatan kamu dalam berkendara, apalagi kalau kamu memiliki rencana akan menempuh perjalanan jauh.

Selain itu, ban mobil yang belum diganti juga dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan pengemudi dan penumpangnya. Untuk orang awam, biasanya ciri yang dapat dikenali akan terlihat jelas dari kondisi fisiknya. Namun, di luar itu tentu saja penting bagi kamu untuk mengetahui ciri lainnya. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Saja Tanda Ban Mobil Harus Diganti

Apa Saja Tanda Ban Mobil Harus Diganti?

Ban mobil merupakan bagian yang paling sering mengalami kontak langsung dengan permukaan aspal. Sehingga sangat penting untuk kamu ketahui ciri-cirinya demi keselamatan, kenyamanan, dan upaya dalam menjaga mobil agar tetap berada dalam kondisi yang baik.

  • Usia ban sudah melebihi batas

Faktanya, walau keadaan ban mobil secara fisik masih terlihat bagus dan tebal. Kamu tetap harus menggantinya. Kenapa? Karena ban mobil merupakan barang yang kualitasnya dapat berkurang seiring bertambahnya waktu.

Hal ini disebabkan oleh kualitas karet ban yang semakin mengalami penurunan. Apalagi jika kamu sering menggunakannya. Biasanya, produsen hanya merekomendasikan 3  tahun pemakaian ban dalam batas penggunaan normal.  

  • Tread Wear Indicator

Tread Wear Indicator (TWI) merupakan indikator yang dimiliki setiap ban mobil untuk menentukan batas keausan ban yang dikatakan layak pakai. TWI berkaitan erat dengan kembang ban.

Kamu bisa menemukan TWI di bagian paling bawah kembangan dan sela tonjolan karet ban yang berbentuk segitiga. Penting bagi kamu untuk memperhatikan bagian ini. Sebab, jika areanya sudah mulai terkikis dan mengalami penipisan itu artinya ban mobil sudah harus diganti secepatnya.

  • Jumlah jarak tempuh

Ban yang sudah digunakan dengan jarak tempuh mencapai 40.000 kilometer harus segera diganti walaupun kondisinya masih terlihat bagus. Termasuk saat usia ban memang belum mencapai 3 tahun, tapi sering digunakan untuk perjalanan jauh. Hal inilah penyebab terjadinya ban mengalami keausan.

Jumlah rata-rata pemakaian normal dalam setahun biasanya mencapai 12-15 ribu kilometer. Itulah sebabnya usia ban rata-rata hanya bisa digunakan kurang lebih 2-3 tahun saja.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan