Fungsi Peredam Kap Mesin yang Wajib Diketahui

Fungsi Peredam Kap Mesin

Fungsi Peredam Kap Mesin – Sadar kah kamu ketika membuka kap mesin mobil pasti melihat sebuah lapisan khusus yang terpasang di bagian bawah kap mesin.? Nah, perlu diketahui komponen tersebut adalah peredam kap mesin yang memiliki fungsi cukup penting.

Sesuai dengan namanya, lapisan tambahan ini memiliki tugas untuk meredam. Bisa dibayangkan apabila tidak ada lapisan ini di bagian kap mesin mobil kamu. Tentu saja bisa dipastikan rasa panas yang dihasilkan oleh mesin bisa dirasakan hingga keluar kap mesin atau bahkan bisa saja merusak lapisan cat bodi mobil itu sendiri.

Fungsi Peredam Kap Mesin

Selain itu, ada fungsi lain dari terpasangnya peredam kap mesin ini. Jadi, jangan pernah melepas komponen ini dari posisi semula yah. Setidaknya komponen ini memiliki dua fungsi penting yang perlu kamu ketahui, simak rangkumannya di bawah ini :

1. Berfungsi Untuk Meredam Panas

Fungsi pertama ini adalah fungsi utama dari lapisan peredam kap mesin. Komponen mesin, khususnya seperti kepala silinder, header, dan lainnya yang menghasilkan kalor tentu akan memancarkan hawa panas kea rah atas.

Kap mesin yang ada diatasnya tentu akan memiliki suhu yang meningkat ketika mobil sedang berjalan. Terlebih ketika kap mesin mobil terbuat dari bahan logam. Pada kap mesin yang sudah dilapisi peredam panas ini bisa dipastikan sangat bahaya untuk disentuh, apalagi untuk kap mesin yang tidak memiliki peredam.

Untuk itu lah kamu sebagai pemilik mobil jangan pernah menyepelekan peredam kap mesin. Walaupun tidak menghilangkan dampak panas dari suhu tinggi yang dihasilkan oleh mesin, namun setidaknya lapisan ini dapat meminimalisir hawa panas tersebut.

2. Berfungsi Meredam Bising

Untuk beberapa jenis peredam kap mesin ada yang memiliki fungsi ganda sebagai peredam kebisingan yang dihasilkan oleh mesin. Ini artinya lapisan tersebut memiliki fungsi dalam hal kenyamanan penumpang.

Tentu ini akan sangat baik bagi mobil yang memang memiliki tingkat kebisingan mesin yang rendah atau terkendali. Selain bertujuan untuk membuat lingkungan sekitar tidak terganggu oleh suara bisingnya, dengan suara mesin yang diredam juga tentu membuat suasana kabin menjadi senyap dan nyaman.

Jadi, jangan pernah sepelekan peredam yang terpasang di kap mesin mobil yah. Demikian dua hal penting dari peredam kap mesin yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik mobil. Wajar apabila komponen ini memang sering dilupakan, karena posisinya sendiri sedikit tersembunyi. Namun, jangan pernah pandang sebelah mata yah. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan