Fungsi Stabilizer Mobil yang Wajib Diketahui

Fungsi Stabilizer Mobil

Fungsi stabilizer mobil sendiri adalah untuk menjaga keamanan serta kenyamanan ketika berkendara. Oleh karena itu banyak komponen pada mobil yang diciptakan dan juga digunakan agar pengendara dan penumpang di dalamnya merasa nyaman selama perjalanan berlangsung.

Tak selamanya medan jalan memiliki konstruksi yang mulus, maka dari itu untuk bisa meminimalisir guncangan yang terjadi dari medan jalan tak rata maka kendaraan perlu memiliki kaki-kaki yang kokoh dan juga berkualitas.

Terdiri dari berbagai komponen, ada satu komponen yang cukup penting untuk hal kenyamanan pada sebuah mobil. Komponen tersebut adalah stablilizer, apa fungsinya? Walaupun komponen ini memiliki peran yang penting, namun ternyata tidak semua mobil memiliki komponen stabilizer ini. Dan apabila kamu menginginkannya, maka perlu membeli produk aftermarket dan bukan dari produk resmi mobil. Dengan komponen ini, tentu saja kamu sebagai pemilik mobil akan merasakan manfaat besarnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi stabilizer ini, berikut bisa kamu simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Fungsi Stabilizer Mobil

Seperti nama dari komponen ini, stabilizer mobil memiliki fungsi untuk memberi keseimbangan atau stabilisasi yang lebih optimal pada mobil ketika sedang dikendarai. Dengan bentuk seperti batang yang panjang dan melintang, konstruksinya sendiri terbilang sangat kuat dan bahkan jarang mengalami kerusakan. Inilah yang membuat banyak mobil dengan bodi besar pasti menggunakan komponen ini.

Ada beberapa fungsi yang bisa dirasakan oleh pemilik mobil selama pemakaian stabilizer ini. Mobil kamu tentu akan mengalami pengurangan dari sisi kemiringan ketika berbelok yang biasa disebabkan oleh gaya sentrifugal. Selain itu stabilizer juga dapat menjaga kondisi mobil agar tetap stabil walaupun sedang berbelok.

Ditambah dengan ban mobil juga akan memiliki gaya cengkram yang lebih tinggi terhadap permukaan jalan saat berbelok. Dengan banyaknya fungsi dari komponen ini maka kamu sebagai pemiliki mobil perlu memasangnya untuk merasakan banyak manfaat di atas.

Bagi yang belum mengetahuinya, stabilizer sendiri dipasang pada kedua lower arm bagian sistem suspensi depan melalui linkage dan juga bantalan karet. Untuk bagian tengahnya sendiri stabilizer bar akan diikatkan kepada dua tempat melalui bushing. Namun tak hanya untuk mobil dengan bodi besar saja yang menggunakan komponen ini, stabilizer juga sering digunakan oleh mobil sport agar lebih stabil ketika sedang dipacu denga kecepatan yang tinggi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan