Ini Dia Fungsi Rotasi Ban Mobil

Ban mobil merupakan suatu komponen yang sangat penting pada suatu mobil. Menjadi suatu komponen yang penting karena ban mobil yang mengambil peranan untuk menjaga kenyamanan kamu dan penumpang lainnya saat berkendara.

Selain itu, sebagai komponen yang langsung bersentuhan dengan aspal, ban mobil termasuk komponen pada mobil yang menjaga keselamatan. Ban mobil yang mengontrol penuh masalah traksi dan kontrol kemudi.

Usia pakai ban mobil juga relatif cepat dibandingkan dengan komponen lainnya. Untuk itu, kamu harus melakukan perawatan untuk ban mobil kamu agar ban mobil bisa semakin awet dan bekerja secara optimal. Salah satu perawatan mudah yang kamu bisa melakukan adalah rotasi ban.

Ketahui Apa Itu Rotasi Ban Mobil

Rotasi ban merupakan suatu cara yang cukup banyak dilakukan orang agar membuat ban mobil dapat memiliki keausan yang merata. Cara ini banyak dilakukan orang karena termasuk perawatan yang murah, bahkan kamu bisa lakukan sendiri.

Untuk melakukan rotasi ban tidak ada ketentuan pasti kapan harus melakukan rotasi ban. Tetapi umumnya rotasi ban dilakukan setiap 7000 km sampai 10.000 km. Bahkan kamu bisa melakukan rotasi ban lebih cepat sekitar 5000 km jika kamu sering membawa mobil dengan kecepatan tinggi.

Cara melakukan Rotasi Ban

Ketika kamu ingin melakukan rotasi ban, perlu kamu ketahui bahwa rotasi ban untuk mobil berpenggerak depan (FWD) dengan mobil berpenggerak belakang (RWD). Mengapa bisa berbeda? Karena ban depan pada mobil berpenggerak depan melakukan peran yang cukup banyak.

Ban depan mobil berpenggerak depan memiliki tugas yang menarik kendaraan saat melaju. Selain itu, ban depan pada mobil berpenggerak depan juga yang bertugas sebagai pengatur arah gerak mobil dan menjadi tumpuan saat mengerem.

Setelah mengetahui mengapa rotasi ban pada mobil berpenggerak depan dan mobil berpenggerak belakang berbeda, sekarang kamu perlu tahu bagaimana rotasi ban yang baik untuk keduanya. Inilah skema rotasi ban untuk mobil penggerak depan dan mobil penggerak belakang yang bisa kamu lakukan untuk mobil kesayangan.

Skema Rotasi Ban Mobil

Rotasi Ban Mobil Penggerak Depan (FWD)

  1. Ban depan kanan mundur menjadi ban serep
  2. Ban depan kiri mundur menjadi ban belakang kiri
  3. Ban belakang kanan maju ke depan menjadi ban depan kiri
  4. Ban belakang kiri maju ke depan menjadi ban depan kanan
  5. Ban serep bisa menjadi ban belakang

Rotasi Ban Mobil Penggerak Belakang (RWD)

  1. Ban depan kanan mundur menjadi ban belakang kiri
  2. Ban belakang kiri maju ke depan menjadi ban depan kiri
  3. Ban belakang kanan maju ke depan menjadi ban depan kanan
  4. Ban depan kiri masuk menjadi ban serep
  5. Ban serep menjadi ban belakang kanan

Jadi, itulah cara untuk merotasi ban untuk mobil berpenggerak depan maupun berpenggerak belakang. Jika kamu ingin merotasi ban mobil, kamu bisa datang ke cabang-cabang TKB Group Indonesia terdekat dari rumah kamu. TKB Group indonesia juga menjual produk ban mobil Accelera, Forceum, dan Zeetex yang memiliki kualitas terbaik untuk mobil kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan