Jangan Menaruh Barang di Dasbor Mobil, Inilah Alasannya

Dasbor mobil merupakan bagian dalam mobil yang paling terlihat dengan pemandangan di luar kaca mobil bagian depan. Biasanya, dasbor mobil merupakan bagian yang paling sering terkena sinar matahari langsung.

Kendati demikian, para pemilik mobil sering menaruh barang-barang di atas dasbor mobil yang dapat mengganggu konsentrasi bekendara dan meningkatkan suhu panas pada barang yang diletakan di atas dasbor mobil. Selain itu, ternyata ada alasan lainnya yang perlu kamu ketahui.

menaruh barang di dasborMengapa Tidak Boleh Menaruh Barang di Dasbor Mobil?

Dasbor mobil berfungsi sebagai tempat panel berbagai switch dan indikator. Akan tetapi, kebiasaan menaruh barang-barang di dasbor mobil masih sering dilakukan. Padahal, pemilik mobil diimbau untuk tidak meletakan apapun, khususnya di dasbor sisi penumpang.

Alasannya, benda-benda yang ditaruh di dasbor mobil dapat menghalangi panel airbag ketika harus meledak. Panel ini berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang ketika mobil mengalami benturan hebat atau terjadinya kecelakaan.

Jika terdapat barang-barang di atas dasbor mobil, tentu saja sangat berpotensi untuk mencederai lebih parah saat terjadi kecelakaan. Saat airbag keluar, barang-barang yang berada di atas dasbor akan terlempar mengenai orang yang berada dalam kabin mobil. Hal ini tentu saja dapat membuat luka.

Letakan Barang di Ruang Penyimpanan Mobil

ruang penyimpanan mobilSaat berkendara, apalagi jika ingin bepergian jauh. Banyak barang-barang penting berukuran kecil yang harus dibawa masuk ke dalam mobil. Hal ini tentu saja diperlukan manajemen barang yang baik agar barang yang dibawa diletakan secara optimal dan tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Jika tidak, hal inilah yang menjadi salah satu alasan terpaksa meletakan barang di dasbor mobil. Padahal, ada ruang penyimpanan tertutup yang dapat dimanfaatkan untuk menaruh barang dalam mobil. Ruang penyimpanan tertutup dalam mobil dapat kamu temukan di beberapa tempat, yaitu laci yang berada di konsil tengah dan laci dasbor yang berada di sisi penumpang.

Selain itu, di beberapa mobil, kamu bisa menemukan laci penyimpanan yang terletak di bawah jok penumpang depan. Bahkan, untuk mobil produksi sekarang telah disediakan tempat penyimpanan tertutup tambahan yang berada di bawah dek bagasi.

Oleh sebab itu, kamu dapat menaruh barang seperti dompet, kacamata, tas, atau gadget dengan aman tanpa harus meletakannya di dasbor mobil. Sebab, selain dapat membahayakan ketika airbag keluar, hal ini juga dapat memicu tindakan kriminalitas.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan