Kampas Rem Mobil Habis, Ini Gejalanya

Ketahui gejala kampas rem mobil habis dan harus segera diganti. Kampas rem mobil merupakan salah satu komponen kendaraan termasuk mobil, yang memiliki peranan cukup vital pada sistem pengereman. Komponen yang satu ini memiliki masa pakai yang cukup singkat, terlebih lagi bila sering melakukan pengereman secara mendadak, sering melalui jalan menurun atau menanjak yang mengharuskan pengendara melakukan pengereman.

Kampas Rem Mobil Habis

Gejala Kampas Rem Mobil Habis

Melihat pentingnya kampas rem mobil untuk mendukung sistem pengereman, sangat penting untuk mengetahui gejala kapan harus mengganti kampas rem tersebut. Untuk mengetahui gejala atau indikator kapas rem yang sudah habis sebenarnya tidak terlalu sulit, karena dapat dirasakan secara langsung saat melakukan pengereman.

  • Terdengar bunyi saat rem di Injak

Hal yang paling terasa saat kampas rem sudah habis adalah terdengar bunyi berdecit atau suara gesekan antar besi saat melakukan pengereman.

  • Injakan rem terasa lebih dalam

Kondisi kampas rem yang semakin tipis, menyebabkan pijakan rem semakin dalam. Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya untuk segera mengganti kampas rem mobil kamu. Bila ditunda atau dibiarkan hingga kampas rem benar-benar habis bisa membahayakan.

  • Rem terasa bergetar

Rem terasa bergetar diakibatkan dari kampas rem yang mulai menipis lama kelamaan akan menjadi tidak rata. Pada awalnya getaran yang dirasakan lebih halus, namun semakin lama akan semakin terasa. Terlebih lagi ketika memacu mobil dengan kecepatan tertentu.

  • Kampas rem terlihat lebih tipis

Merasa belum yakin dengan merasakan gejala yang dirasakan dan memutuskan untuk melakukan pengecekan secara langsung, kamu bisa memperhatikan bagian permukaan kampas yang kasar. Bila permukaan yang kasar tersebut sebagian besar sudah halus, maka diwajibkan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Dengan mengetahui indikator atau gejala kampas rem mobil habis, kamu mengantisipasi resiko yang bisa terjadi akibat terlambat menggantinya. Saat memutuskan untuk mengganti kampas rem mobil sangat disarankan menggantinya dengan yang ori atau standar pabrik agar memiliki daya tahan yang lebih baik, sehingga masa pakainya lebih panjang.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan