Kaca Spion Mobil, Ketahui Jenis dan Fungsinya

Kaca spion mobil adalah salah satu komponen pada sebuah mobil yang berfungsi sebagai alat pembantu pengemudi untuk mengetahui objek yang berada di belakang mobil. Kemudian, kamu perlu tahu, bahwa sebuah kaca spion sebaiknya memakai kaca cembung yang dilapisi dengan amalagma perak. Dengan menggunakan kaca cembung, pengemudi akan merasa leluasa dibandingkan dengan kaca datar.

Kamu bisa bayangkan ketika mobil kamu tidak memiliki kaca spion. Pastinya kamu akan kesulitan saat memarkir mobil. Tidak hanya itu, ketika kamu berada di jalan raya dan ingin menyalip, kamu tidak akan tahu apakah ada kendaraan dibelakang yang ingin menyalip juga. Tanpa adanya kaca spion, akan menimbulkan bahaya dan mungkin akan banyak terjadinya kecelakaan.

Berbagai Macam Jenis Kaca Spion Mobil

Sebagai komponen yang membantu keselamatan berkendara, para pabrikan mobil membuat kaca spion mobil menjadi tiga jenis. Ingin tahu apa saja jenis-jenis kaca spion tersebut? Ikuti penjelasan berikut ini.

Berbagai Jenis Kaca Spion Mobil

Kaca Spion Luar

Jia kamu mendengar kaca spion luar, pasti kamu sudah paham karena hampir setiap mobil memiliki kaca spion luar. Umumnya kaca spion luar ditempel pada sudut pintu depan dan juga pintu kanan. Dengan adanya kaca spion luar, pengemudi bisa melihat ke bagian belakang mobil, seperti mobil lain  yang berada di sisi kanan belakang dan kiri belakang. Perlu kamu ketahui, idealnya kaca spion luar harus mampu mencermintkan seperempat body mobil.

Kaca Spion Dalam

Kaca Spion Dalam

Kaca spion ini terletak pada bagian dalam mobil. Biasanya kaca spion dalam menempel pada bagian plafon mobil atau ditempel pada kaca depan mobil. Fungsi dari kaca spion ini untuk membantu pengemudi melihat apakah ada objek yang berada pada sisi belakang mobil. Umumnya kaca spion dalam ini diatur secara manual, tidak elektrik seperti kaca spion luar.

Kaca Spion Tambahan

Kaca spion ini hanya bersifat opsional saja dan tidak dimiliki semua mobil, tapi kaca spion ini tetap berpengaruh untuk keselamatan. Fungsi kaca spion tambahan adalah untuk melihat sisi blind spot yaitu sisi yang sulit terjangkau oleh mata.

Jenis kaca spion ini biasanya berada dan ditempel pada bagian luar mobil. Ada yang ditempel pada bagian atas fender ban depan, ada pula yang di tempel pada bagian spoiler belakang. Untuk yang ditempel pada bagian spoiler belakang, umumnya digunakan oleh mobil-mobil MPV yang besar untuk melihat sisi bawah belakang kendaraan pada saat parkir.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan