Kenali Jenis dan Type ban Mobil

Bentuk ukiran atau kembangan pada tapak ban dan kepadatan karet yang bervariasi tidak berhubungan dengan faktor estetika, melainkan bentuk penyesuaian dari fungsi ban itu sendiri. Setiap produsen Ban termasuk Accelera sengaja mendesain kembangan ban untuk membedakan jenis dan type ban mobil yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Saat melakukan penggantian ban, hal yang wajib untuk diperhitungkan adalah jenis dan type dari ban tersebut. Salah memilih type ban bisa mengakibatkan kurangnya kenyamanan dalam berkendara. Disini kami akan mencoba memberikan sedikit pengetahuan terkait jenis dan type ban yang perlu diketahui.

Jenis dan Type Ban Mobil

Type Ban MObil

  • All Terrain (AT)
Honda CR-V Dengan Ban AT

Sesuai dengan namanya, type ini dapat digunakan pada segala jenis medan lintasan. Tidak hanya dapat digunakan di jalan aspal, untuk melintas di jalan yang berbatu, tanah maupun jalan berlumpur, ban dengan type AT ini masih bisa diandalkan karena memiliki fleksibilitas yang tinggi. Meskipun demikian, bukan berarti ban ini dapat digunakan pada lintasan dengan medan yang benar-benar berat.

Type ban ini mampu meredam suara dengan baik, sehingga ketika digunakan pada jalan aspal suara yang ditimbulkan tidak terlalu berisik, dan sangat cocok digunakan untuk kendaraan harian. Type ban all terain atau AT cocok digunakan bersama mobil jenis SUV seperti, Nissan X-trail, Honda CR-V, Toyota Fortuner, etc.

  • Mud Terrain (MT)
Rubicon Dengan Ban MT

Ban mobil dengan type mud terrain atau yang lebih dikenal dengan ban pacul ini didesain untuk dapat digunakan pada medan yang terbilang cukup berat, seperti medan tanah yang berbatu, jalan becek yang berlumpur, serta jalan yang tergenang oleh air. Biasanya digunakan untuk mobil-mobil jenis offroad.

Ban type MT ini tidak cocok digunakan untuk jalan aspal, alasannya ban ini memiliki daya cengkeram yang kurang baik pada jalan aspal serta suara yang dihasilkan juga sangat bising.

  • Highway Terrain (HT)
Toyota Yaris Dengan Ban HT

Disebut juga sebagai ban yang dikhususkan untuk digunakan pada jalan aspal. Desain kembangan pada ban lebih halus yang bertujuan untuk meningkatkan daya cengkeram yang lebih baik pada jalan aspal. Selain itu, type ban ini memiliki sound resistanace yang sangat baik sehingga suara yang dihasilkan lebih minim dan lembut. Type ban ini cocok untuk mobil-mobil jenis MPV atau mobil perkotaan yang lebih sering melintasi jalan beraspal.

Selain dari type ban, jenis ban juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kenyamanan dan keamanan dalam bekendara. Adapun jenis-jenis ban yang perlu diketahi antaralain

Jenis Ban Mobil

  • Ban Radial
Ban Radial

Ban jenis radial bisa dikatakan merupakan ban yang memiliki durabilitas yang cukup tinggi terhadap guncangan dan ke-ausan. Pasalnya, pada bagian tapak ban yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan dilengkapi dengan semacam sabuk pengikat (breaker atau belt) yang terbuat dari baja.

Meskipun memiliki durabilitas yang cukup baik, jenis ban radial memiliki rolling resistance yang kecil. Hal tersebut menyebabkan kurangnya kenyamanan saat berkendara dijalan yang tidak rata atau bergelombang.

  • Ban Bias
Ban Bias

Jenis ban bias mampu menyerap getaran dan kejutan dengan sangat baik karena permukaan ban jenis ini lebih tebal. Meskipun bisa memberikan kenyamanan dalam berkendara, jenis ban bias memiliki durabilitas terhadap guncangan dan ke-ausan tidak lebih baik dari ban radial.

Jangan pernah memilih ban mobil secara asal-asalan, dengan memilih ban mobil yang tepat pastinya performa mobil kamu akan lebih maksimal. Semoga sedikit informasi seputar jenis dan type ban ini bisa bermanfaat. Namun, untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci seputar ban, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan orang yang benar-benar paham tentang ban. Misalkan dengan orang bengkel atau pemilik toko tempat kamu akan membeli ban.

Kalau masih bingung mencari toko ban terpercaya, TKB Indonesia bisa menjadi solusi terbaik. TKB Group Indonesia merupakan toko velg dan ban terperacaya yang menjual ban produk Accelera, Forceum, Zeetex. Untuk velg yang ditawarkan adalah velg dari brand HSR Wheel, brand velg yang memiliki konsistensi terhadap kualitas. Untuk lokasi dan kontak toko cabang TKB Group Indonesia bisa lihat disini.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan