Ketahui Sistem Penggerak Pada Mobil (2WD, 4WD dan AWD)

Sistem penggerak pada mobil ada berbagai macam dengan setiap perbedaan didalamnya. Biasanya disebut juga dengan Wheel Drive atau sistem penggerak roda yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari ban ke jalan agar mobil bergerak. Mesin akan menyalurkan torsi secara optimal untuk membuat ban bergerak ke arah depan ataupun belakang.

Apa Saja Sistem Penggerak Pada Mobil?

Sistem penggerak pada mobil dibagi menjadi beberapa macam. Hal ini penting untuk kamu ketahui agar kamu bisa mengontrol kemudi mobil dengan baik dan mengetahui apa saja perbedaa di setiap sistem penggeraknya. Berikut penjelasannya di bawah ini.

2WD

2WD ini menggunakan system mode penggerak yang hanya menggunakan dua roda. Sehingga, mode 2WD dibagi lagi menjadi dua, yaitu roda depan yang disebut FWD sedangkan roda belakang disebut RWD.

  • Front Wheel Drive (FWD)

FWD menggunakan mode penggerak dua roda depan. Biasanya, dalam industry otomotif FWD lebih menguntungkan, sebab tidak terlalu memakan biaya penggunaan komponennya karena lebih sedikit dibandingkan yang lainnya. Selain itu, karena komponennya yang lebih sedikit, mobil dengan FWD cenderung lebih ringan sehingga mampu mengirit bahan bakar.

Mesin FWD berada di sisi depan sehingga membuat beban mesin langsung mengarah pada dua penggerak roda depan. Hal ini dapat meningkatkan traksi mobil, khususnya untuk area licin. Kelebihan lainnya dari FWD yaitu harganya cenderung lebih terjangkau dan mobil menjadi cukup stabil saat berada di tanjakan karena posisi mesin dan dan penggerak berada di bagian depan.

  • Rear Wheel Drive (RWD)

RWD umumnya banyak digunakan oleh mobil truk dan mobil sedan kelas atas. Sebab, RWD dapat memberikan traksi yang sangat baik pada truk saat mengangkut muatan berat yang membuat traksi pada dua roda belakang meningkat. Sedangkan, mobil sedan mewah menggunakan RWD untuk meningkatkan performa handling dan menyeimbangkan bobot mobil secara menyeluruh. Kekurangannya, RWD memiliki performa yang buruk saat berada di jalanan licin atau basah.  

4WD

Sesuai dengan namanya, mode penggerak 4WD menyalurkan 4 roda sekaligus. Setiap sudut rodanya diberikan suplai tenaga, sehingga sangat memiliki traksi yang baik sekalipun sedang melakukan akselerasi. Kelebihannya, mobil 4WD mampu melewatiberbagai medan seperti jalanan berlumpur, berpasir, dan yang lainnya. Penggunaanya bisa diubah-ubah secara manual sesuai kondisi jalan, sehingga pengendara bisa merubah apakah ingin menggunakan dua roda penggerak saja atau empat roda sekaligus. Umumnya, 4WD banyak digunakan oleh mobil-mobil off road mengingat mampu melewati berbagai macam medan yang cukup ekstrim.

All Wheel Drive (AWD)

AWD menggunakan komponen limited slip differential dan clutch elektronik. Hal ini juga yang membedakan AWD dengan 4WD yang digadang-gadang sama, padahal tidak. Sebab, AWD dirancang dengan kontrol 100% pada setiap ban, sedangkan untuk 4WD dirancang dengan kontrol 50% pada dua roda depan dan dua roda belakang. Kelebihan lainnya, mode AWD mampu digunakan di jalanan licin sekalipun. Akan tetapi, AWD juga cenderung boros bahan bakar karena tenaga yang disalurkan langsung pada empat roda dan memberikan beban kepada mesin.

Pos Terbaru

Tips Merawat Ban Mobil Ketika Musim Banjir

Tips Merawat Ban Mobil - Ban mobil adalah salah satu komponen yang penting yang ada… Read More

16 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Soluna

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Soluna - Mobil Soluna adalah mobil produksi Toyota yang merupakan mobil… Read More

17 jam lalu

Tips Cegah Mobil Menjadi Sarang Tikus Selama PSBB

Tips Cegah Mobil Menjadi Sarang Tikus - Tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemprov DKI Jakarta… Read More

22 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord - Honda Accord adalah mobil berjenis sedan premium yang… Read More

22 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely - Untuk pasaran otomotif khususnya mobil di Indonesia. mungkin masyarakat… Read More

3 hari lalu

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama Saat PSBB

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama - Pada tanggal 14 september 2020 kemarin, Pemerintah Provinsi… Read More

3 hari lalu