Mobil Bekas, Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Sebelum Membelinya

Saat kamu akan membeli sebuah mobil, pastinya akan mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membelinya. Apalagi kalau yang akan kamu beli merupakan mobil bekas.

Mobil bekas sudah jelas kondisinya sangat berbeda dengan mobil baru. Kamu pasti tidak ingin mendapatkan mobil yang berada dalam kondisi kurang baik, sehingga harus banyak mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaikinya.  

mobil bekas

Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas?

Kamu harus menjadi pembeli yang cerdas sebelum ‘deal’ dengan penjual. Seringkali, penjual jarang menyatakan kekurangan-kekurangan pada mobil yang akan dijual. Sehingga penting bagi kamu untuk memperhatikan hal-hal berikut ini.

Histori penggunaan mobil

penggunaan mobil

Kamu harus mengetahui terlebih dahulu histori mobil yang akan kamu beli. Hal ini memang terlihat sangat sepele, tapi penting untuk jangka panjang penggunaan mobil. Hindari membeli mobil yang memiliki sejarah pernah mengalami tabrakan dan terendam banjir. Jangan sampai baru sebentar pemakaian, mobil yang kamu beli sudah mempunyai masalah lagi.

Kondisi mesin

kondisi mesin

Kondisi mesin baik, maka sudah bisa dipastikan performa mobil kedepannya pasti juga baik saat kamu gunakan. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu mesinnya secara teliti dan menyeluruh. Tapi, jika kamu masih awam tentang mesin mobil, kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat atau memanggil orang yang ahli dalam bidangnya.

Memeriksa riwayat service

Mobil yang kondisi luarnya terlihat kinclong dan mulus, belum tentu bagus juga bagian dalamnya. Kamu harus memeriksa apakah mobil yang akan kamu pilih rutin di service oleh pemiliknya. Jika tidak, bisa dipastikan ada beberapa komponen yang memiliki masalah. Biasanya, bengkel selalu mencatat riwayat service yang sudah dilakukan.

Test Drive

Ketika kamu sudah memperhatikan tiga hal di atas, kamu juga harus melakukan uji coba langsung untuk mengetahui suara mesin, getaran mesin, asap knalpot, pedal kopling atau kaki-kaki mobil saat dikendarai. Kamu harus sangat teliti saat melakukan test drive.

Membandingkan Mobil

membandingkan mobil

Ketika kamu merasa sudah cocok dengan mobil yang sudah dipilih. Lakukan perbandingan harga dengan dengan jenis mobil yang sama di pasaran. Jangan sampai kamu malah merasa rugi akibat selisih harga yang besar dari penjual lainnya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan