Pengendara yang Baik, Prioritaskan Hak Pejalan Kaki

Sebagai pengendara yang baik, kamu tidak boleh melupakan hak dari para pejalan kaki. Namun, masih banyak pengemudi yang mengabaikan hal itu. Apalagi zebra cross memang memiliki peranan yang sangat penting khususnya bagi para pejalan kaki. Jika melihat fungsinya, maka pengendara seharusnya sadar bahwa mereka harus memberhentikan kendaraannya agar tidak melewati garis batas aman tersebut.

Prioritaskan Hak Pejalan Kaki

Prioritaskan Hak Pejalan KakiSebagai pejalan kaki, tentunya kamu memiliki sejumlah hak yang harus diprioritaskan oleh para pengendara. Bahkan, aturan tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan, bahwa pejalan kaki harus berjalan di trotoar atau pedestrian serta menyebrang di tempat yang sudah ditentukan atau zebra cross. Nah, jika sudah dibangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) maka kamu bisa melewati JPO untuk menyeberang supaya lebih aman.

Sesuai dengan hak tersebut, maka seharusnya pengendara memberi kesempatan kepada para pejalan kaki untuk menyeberang. Namun saat ini, masih banyak para pengendara yang tidak menaati peraturan tersebut. Bahkan bukan hanya satu atau dua orang saja yang melakukan hal tersebut. Padahal, jika melanggar bisa dikenai denda Rp500.000 atau kurungan pidana paling lama dua bulan.

Etika Pengendara Agar Tak Melanggar

Dalam hal ini, tidak sedikit para pengendara yang mengabaikan perihal tersebut. Padahal, sesuai dengan aturan dapat dikenakan sanksi bila melanggarnya. Nah, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan agar kamu tidak melanggar hak para pejalan kaki. Berikut ini penjelasannya.

Mengurangi Laju Kecepatan

Tidak sedikit dari pengemudi yang menambah kecepatan laju mobilnya ketika melihat zebra cross di depannya baik saat melihat ada yang menyeberang atau pun tidak. Bahkan, mereka sengaja memberi klakson sehingga membuat para pejalan kaki harus terburu-buru dalam menyeberang. Sebaiknya, kamu memperlambat laju kendaraan saat melihat zebra cross di depan. Meskipun, tidak terlihat ada orang yang menyeberang.

Berhenti di Belakang Garis Aman

Selain karena menghalangi jalan orang yang hendak menyeberang, tentu juga membahayakan dirimu sendiri sebagai pengendara.  Sebab, bisa saja kendaraanmu ditabrak oleh pengendara lain.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan