Pengendara yang Baik, Prioritaskan Hak Pejalan Kaki

Sebagai pengendara yang baik, kamu tidak boleh melupakan hak dari para pejalan kaki. Namun, masih banyak pengemudi yang mengabaikan hal itu. Apalagi zebra cross memang memiliki peranan yang sangat penting khususnya bagi para pejalan kaki. Jika melihat fungsinya, maka pengendara seharusnya sadar bahwa mereka harus memberhentikan kendaraannya agar tidak melewati garis batas aman tersebut.

Prioritaskan Hak Pejalan Kaki

Sebagai pejalan kaki, tentunya kamu memiliki sejumlah hak yang harus diprioritaskan oleh para pengendara. Bahkan, aturan tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan, bahwa pejalan kaki harus berjalan di trotoar atau pedestrian serta menyebrang di tempat yang sudah ditentukan atau zebra cross. Nah, jika sudah dibangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) maka kamu bisa melewati JPO untuk menyeberang supaya lebih aman.

Sesuai dengan hak tersebut, maka seharusnya pengendara memberi kesempatan kepada para pejalan kaki untuk menyeberang. Namun saat ini, masih banyak para pengendara yang tidak menaati peraturan tersebut. Bahkan bukan hanya satu atau dua orang saja yang melakukan hal tersebut. Padahal, jika melanggar bisa dikenai denda Rp500.000 atau kurungan pidana paling lama dua bulan.

Etika Pengendara Agar Tak Melanggar

Dalam hal ini, tidak sedikit para pengendara yang mengabaikan perihal tersebut. Padahal, sesuai dengan aturan dapat dikenakan sanksi bila melanggarnya. Nah, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan agar kamu tidak melanggar hak para pejalan kaki. Berikut ini penjelasannya.

Mengurangi Laju Kecepatan

Tidak sedikit dari pengemudi yang menambah kecepatan laju mobilnya ketika melihat zebra cross di depannya baik saat melihat ada yang menyeberang atau pun tidak. Bahkan, mereka sengaja memberi klakson sehingga membuat para pejalan kaki harus terburu-buru dalam menyeberang. Sebaiknya, kamu memperlambat laju kendaraan saat melihat zebra cross di depan. Meskipun, tidak terlihat ada orang yang menyeberang.

Berhenti di Belakang Garis Aman

Selain karena menghalangi jalan orang yang hendak menyeberang, tentu juga membahayakan dirimu sendiri sebagai pengendara.  Sebab, bisa saja kendaraanmu ditabrak oleh pengendara lain.

 

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022