5 Penyebab Suara Audio Mobil Hilang

Penyebab Suara Audio Mobil Hilang

Penyebab Suara Audio Mobil Hilang – Ketika berkendara dengan menggunakan mobil, biasanya untuk menemani waktu berkendara tersebut bisa dengan mendengarkan fitur hiburan yang tersedia. Seperti menyalakan audio tape atau fitur hiburan lain. Fitur hiburan ini adalah fitur wajib yang harus digunakan ketika melakukan perjalanan agar tidak mengantuk saat berkendara.

Penyebab Suara Audio Mobil Hilang

Untuk menunjang hal tersebut, maka perangkat audio yang terpasang pada mobil perlu dijaga kondisinya agar tidak mengalami kerusakan. Jika audio sudah terlanjur rusak, maka ada beberapa penyebab yang bisa membuat audio pada mobil tidak mengeluarkan suara. Untuk ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

1. Salah Pasang

Penyebab suara audio tidak mengeluarkan suara adalah adanya kesalahan pada proses pemasangannya. Terkadang masalah ini tidak datang langsung ketika setelah dipasang, namun akan bermasalah di kemudian hari. Kesalahan pemasangan ini biasanya terjadi karena komponen yang aus tidak terpasang dengan tepat. Jika kesalahan ini terkait kelistrikan, maka bisa saja masalah ini merambat ke bagian kelistrikan mobil lainnya.

2. Salah Pilih Perangkat Audio

Beberapa orang mungkin akan melakukan modifikasi kecil pada fitur audionya dengan membeli produk aftermarket yang ada di pasaran. Namun, setiap mobil memiliki spesifikasi standar pabrik yang perlu sesuai dan terkadang berbeda dengan produk aftermarket. Karena tidak cocoknya spesifikasi tersebut biasanya membuat masalah pada sistem kelistrikan mobil. Maka dari itu jangan pernah memaksakan spesifikasi mobil standar bawaan pabrik.

3. Masalah Kelistrikan Mobil

Sumber kelistrikan yang sudah bermasalah bisa menjadi akar permasalahan yang menyebabkan ketidakstabilan arus listrik. Hal ini lah yang mampu menimbulkan risiko kerusakan pada komponen audio mobil kamu.

4. Penyebab Suara Audio Mobil Hilang : Perangkat Berdebu

Debu memang menjadi musuh terbesar dari segala sistem mekanis kelistrikan. Ketika debu mulai menumpuk, maka akan banyak fungsi-fungsi yang akan terhambat dan tidak bekerja dengan baik. Terlebih, sistem audio sendiri memiliki penutup yang rapat. Jika debu sudah masuk, maka akan susah untuk membersihkannya. Jadi ada baiknya kamu bisa selalu menjaga kebersihan setiap komponen audio. Dimulai dari head unit, speaker, kabel, dan juga power unit.

5. Mesin dimatikan Ketika Audio Masih Menyala

Perilaku mematikan mesin mobil dengan kondisi sistem audio masih menyala adalah perilaku yang salah dan harus dijauhi dari sekarang. Hal tersebut akan menimbulkan aliran listrik yang sangat besar ketik mobil dinyalakan kembali dan sistem audio juga langsung ikut menyala dengan mendadak.

Kesalahan ini bisa membuat beberapa komponen yang ada pada sistem audio akan cepat aus. Dan lebih parahnya akan berisiko membuat komponen jebol dan juga hangus.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan