Tips Menghindari Mobil Terbakar Secara Tiba-Tiba

Tipas Menghindari Mobil Terbakar

Mobil yang setiap hari kita lihat telah diproduksi dengan melewati berbagai macam standar keamanan. Namun terkadang memang muncul kejadian mobil bisa terbakar dengan sendirinya. Banyak asumsi yang mengatakan mobil bisa tiba-tiba terbakar, salah satunya adalah hubungan arus pendek. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu mengetahui beberapa tips menghindari mobil terbakar.

Mobil yang sudah dipasarkan, semua sistemnya sudah didesain dan diuji coba dari segi kenyamanan, keselamatan, tenaga, dan juga kecepatan sesuai dengan jenis kendaraannya.Lalu untuk segi kelistrikannya pun dipasang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, agar saat terjadi kegagalan pada sistem kelistrikan tidak akan terjadi hubungan pendek arus listrik yang bisa menyebabkan mobil terbakar.

Tips Menghindari Mobil Terbakar

Namun ada juga beberapa tips menghindari mobil terbakar yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan meminimalisir potensi mobil terbakar. Berikur ulasan lengkapnya bisa disimak di bawah ini :

1. Tips Menghindari Mobil Terbakar : Selalu Cek Ruang Mesin Kendaraan

Terkadang saat melakukan pembersihan mesin mobil, kain lap ataupun material pembersih lain tertinggal atau jatuh kearah knalpot. Hal ini cukup berbahaya karena memiliki potensi terjadinya kebakaran. Untuk itu, selalu cek ruangan mesin dengan teliti apakah ada material yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesinnya.

2. Pastikan Tutup Oli Terpasang Rapat

Kebocoran oli karena tutupnya tidak terpasang dengan rapat juga bisa mengakibatkan kebakaran mobil. Hal ini karena saat mesin hidup, cipratan oli yang keluar dari lubang pengisian berpotensi menetes ke knalpot yang panas dan bisa menyebabkan terbakar.

3. Perhatikan Pemasangan Kabel Aksesoris Tambahan

Saat memasang aksesoris dimobil yang memang mengandalkan kelistrikan mobil, sebaiknya menggunakan sekring untuk pengamannya. Karena apabila dihiraukan, kabel bisa berpotensi meleleh dan menyebabkan kebakaran.

4. Hindari Penggantian Lampu Dengan Watt yang Besar

Ketika kamu ingin mengganti bohlam headlamp ataupun foglamp dengan daya watt yang besar maka hal tersebut tidak dianjurkan dan kalua bisa dihindari. Karena kapasitas watt yang lebih besar akan menyebabkan aki terkuras dan mengakibatkan panas yang mampu menyebabkan terjadinya kebakaran.

5. Jauhkan Mobil dari Bahan yang Mudah Terbakar

Ketika mesin dalam keadaan hidup, maka hindari mobil dari benda-benda yang mudah terbakar. Sebut saja seperti ranting, sampah, kertas, ataupun plastic. Jika benta-benda tersebut menempel ke knalpot mobil. Maka kendaraan bisa berpotensi terbakar secara tiba-tiba.

Dan itu dia beberapa tips yang bisa kamu pelajari agar terhindar dari terjadinya kebakaran mobil. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan