3 Tips Parkir Mobil Dengan Aman dan Mudah

Tips Parkir Mobil Dengan Aman

Saat kamu belajar menyetir, salah satu pelajaran penting yang wajib kamu pelajari juga adalah bagaimana cara parkir mobil dengan aman. Inilah tahap yang menjadi tantangan bagi setiap orang yang ingin memiliki sim. Berbagai macam tes akan dijalani saat melakukan ujian sim, salah satunya kamu harus bisa memarkirkan kendaraan kamu dengan benar. Maka dari itu kamu perlu mengetahui tips parkir mobil dengan aman.

Tes memarkirkan kendaraan memang menjadi salah satu penyebab dari banyaknya kegagalan seseorang untuk mendapatkan sim. Apapun jenis mobil kamu, kamu harus mengerti bagaimana cara memarkirkannya dengan aman. Hal ini dilakukan selain untuk keselamatan, juga menjaga eksterior mobil kamu dari goresan yang tidak diinginkan.

Tips Parkir Mobil Dengan Aman

Untuk bisa memarkirkan mobil terkadang perlu ketelitian dari sisi pengemudinya. Kamu juga perlu sigap ketika posisi mobil kamu berada pada posisi yang kurang baik dan sesegera mungkin hindari merusak mobil pada samping kiri kanan ataupun menabrak pembatas. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips parkir yang bisa kamu pelajari agar bisa ahli dalam memarkirkan mobil dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu pelajari ketika ingin memarkirkan mobil :

Parkir Mundur

Parkir mundur sendiri adalah hal yang perlu diketahui karena cara ini adalah cara umum yang sering diterapkan di beberapa mall. Untuk parkir mundur, kamu harus terlebih dahulu pastikan bahwa mobil kamu muat di tempat parkir tersebut. Dalam artian, muat juga saat kamu membuka pintumobil kamu.

Langkah pertama adalah, kamu harus melewati area kosong parkir tersebut sambil berbelok. Lalu arahkan pantat mobil kamu menuju kearah parkiran yang kosong tersebut. Setelah dirasa posisi sudah pas, kamu hanya perlu memindahkan tuas kopling ke posisi R. Kemudian secara perlahan mundurkan mobil kamu untuk memasukkan bagian pantat mobil anda tadi. Namun jika dirasa belum pas, kamu bisa memajukan sedikit mobil kamu kea rah berlawanan agar bisa pas pada area yang diinginkan.

Jangan lupa juga untuk perhatikan sisi kiri dan kanan mobil anda melalui spion guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti menabrak pembatas ataupun mobil lainnya yang sedang terparkir.

Tips Parkir Mobil Dengan Aman : Parkir Serong

Parkir serong ini adalah salah satu parkir yang mudah. Karena kamu tak diwajibkan untuk mengeluarkan teknik yang banyak. Langkah pertama adalah kamu menuju area parkir yang kosong, jika sudah di depan tempat tersebut kamu hanya perlu mensejajarkan posisi mobil kamu dengan bentuk serong atau bentuk garis parkirnya tersebut. Jika merasa sudah sejajar, maka kamu hanya perlu memundurkan mobil kamu secara perlahan. Usahakan juga jarak antara mobil sisi kiri dan kanan kamu pas untuk kamu bisa keluar dari mobil.

Parkir Di Tanjakan

Parkir di tanjakan merupakan parkir yang cukup berbahaya. Karen ajika kamu masih belum bisa menguasai kendaraan, bisa saja mobil kamu bisa mundur atau maju saat kamu tinggalkan. Biasanya, parkir di jalan tanjakan ini kaki kamu harus sigap untuk menginjak pedal rem agar bisa mempertahankan posisi mobil agar tetap stabil.

Jika mobil kamu sudah dalam posisi terparkir, dan sudah dirasa pas. Jangan lupa untuk menarik tuas rem tangan agar posisinya tetap stabil walaupun  kamu juga harus berjaga-jaga dengan meletakkan penahan pada ban mobil dengan batu agar lebih aman.

Dan itu dia beberapa cara parkir mobil yang wajib kamu ketahui agar kamu bisa melakukan parkir dalam berbagai macam keadaan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan