4 Kesalahan Merawat Mobil yang Harus Dihindari

Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Merawat Mobil

Kesalahan Merawat Mobil – Memiliki kendaraan bermotor seperti mobil memang tak bisa lepas dari perawatan rutin yang harus dilakukan pada mobil sesuai anjuran pabrik. Tak hanya dari sisi mesin saja yang perlu mendapatkan perawatan, seluruh komponen yang ada pada mobil juga perlu mendapat perawatan secara berkala. Karena memang seluruh komponen yang ada pada mobil memiliki fungsinya masing-masing untuk memaksimalkan kinerja mobil ketika dikendarai.

Cara merawat kendaraan sendiri perlu pengetahuan dasar agar ketika sedang melakukan proses perawatan tak terjadi kesalahan. Kebanyakan pengguna saat ini tak menyadari bahwa kejadian salah merawat mobil berikut ini sering terjadi.

4 Kesalahan Merawat Mobil

Maka dari itu, berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan ketika proses perawatan mobil yang harus dihindari.

Menginjak Pedal Gas Ketika Mobil Baru Dinyalakan

Mesin mobil sendiri biasanya akan dinyalakan oleh pemilik pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas biasanya. Walaupun hal tersebut baik untuk mesin, pemilik sebaiknya jangan langsung menginjak gas ketika pertama kali mesin mobil dinyalakan.

Hal tersebut dikarenakan ketika mesin melakukan kinerja, semua komponen mesin tidak langsung terkena pelumas bahan bakar. Ada baiknya perlu menunggu beberapa menit, tergantung dengan mesin yang digunakan.

Mencuci Bodi Mobil Dengan Deterjen

Ketika mencuci mobil dengan menggunakan deterjen memang bodi mobil akan lebih mengkilap. Hal ini sudah menjadi hal yang sangat wajar karena memang kandungan yang ada pada deterjen dapat membuat permukaan besi ataupun kaca menjadi bersih.

Namun, hal ini tentu saja memiliki risiko yang akan didapat ketika terlalu sering menggunakan deterjen sebagai bahan pembersih bodi mobil. Efeknya adalah warna cat pada bodi mobil akan memudar secara perlahan.

Kesalahan Merawat Mobil : Lantai Kabin Dibersihkan Dengan Air

Hal ini adalah kejadian yang sering dilakukan oleh pemilik pada mobil pribadinya. Niat hati ingin membersihkan lantai agar tidak kotor, namun tak melihat dampak yang dihasilkan untuk kedepannya. Hal ini tentu saja berpengaruh pada keawetan bodi mobil, mobil yang sering terkena air akan cepat berkarat.

Tak hanya itu saja, mencuci lantai kabin dengan ait juga bisa mengakibatkan kerusakan pada fitur audio ataupun mengganggu aliran listrik pada mobil apabila terkena air.

Kaca Mobil Belakang Dibersihkan Dengan Pembersih Kaca

Membersihkan kaca mobil belakang dengan cairan pembersih kaca adalah hal yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan. Hal ini sebenarnya dapat merusak komponen pada kabel bagian pemanas defogger.

Solusinya adalah jika ingin membersihkan kaca mobil bagian belakang, gunakanlah kain lap yang lembab kemudian basahi dengan air hangat. Bersihkan secara perlahan dan juga merata supaya tidak ada debu lagi yang menempel.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan