4 Kerusakan Ini Tanda Ban Perlu Diganti Segera

Tanda Ban Perlu Diganti Segera

Tanda Ban Perlu Diganti Segera – Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan baik mobil ataupun motor. Hal tersebut dikarenakan ban adalah satu-satunya komponen pada kendaraan yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Oleh karena perannya yang penting tersebut, sehingga ban sendiri bisa mempengaruhi kenyamanan dan juga keselamatan pengguna ketika sedang berkendara.

Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan, kamu sangat perlu melakukan perawatan secara rutin sesuai prosedur. Karena memang ban juga bisa menjadi rusak sama seperti komponen lainnya, sehingga jika ban sudah terlanjur rusak maka perlu dibenarkan atau bahkan perlu dilakukan penggantian langsung.

Beberapa kerusakan pada ban seperti terkena paku di jalanan memang bisa dengan mudah diselesaikan dengan menambal ban. Namun, sampai kapan kah perbaikan pada ban tersebut diperbolehkan dan juga aman?

Tanda Ban Perlu Diganti Segera

Maka dari itu dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia, berikut beberapa kondisi kerusakan ban yang kondisinya sangat perlu dilakukan penggantian secepatnya :

Sidewall Rusak

Sidewall atau biasa disebut dengan dinding ban adalah salah satu struktur utama ban yang sangat penting. Apabila terjadi kerusakan pada dinding ban seperti retak, maka lebih baik untuk langsung mengganti ban tersebut dengan yang baru. Karena memang jika didiamkan terlalu lama maka akan berpotensi mengalami kerusakan lebih parah seperti pecah ban.

Tambalan Terlalu Banyak

Ketika ban memiliki tambalan terlalu banyak, terlebih ada 1 tambalan yang memiliki ukuran besar, maka sebaiknya ban tersebut segera diganti. Tambalan yang besar dan juga banyak sudah pasti merusak struktur utama ban pada umumnya. Ban juga bisa mengalami dekontruksi apabil digunakan terus-menerus.

Ban Benjol

Terjadinya benjol pada ban bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti cacat produksi. Namun, biasanya hal ini juga bisa terjadi ketika ban menghantam sesuatu dengan keras, contohnya seperti menabrak trotoar ataupun lubang di jalanan.

Benjol pada ban ini akan mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara karena ban menjadi tidak rata. Selain itu, bagian benjol tersebut bisa menjadi tempat ban pecah.

Tanda Ban Perlu Diganti Segera : Ban Retak

Kendaraan yang jarang digunakan, biasanya akan mempengaruhi kualitas ban kendaraan. Ban akan mengalami keretakan dan juga terlihat seperti pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena karet ban mulai getas dan juga mengeras. Keretakan ini juga menandakan bahwa ban sudah mulai kering dank eras sehingga performa ban akan semakin berkurang.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan