Kategori: Tips Otomotif

4 Kerusakan Ini Tanda Ban Perlu Diganti Segera

Tanda Ban Perlu Diganti Segera – Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan baik mobil ataupun motor. Hal tersebut dikarenakan ban adalah satu-satunya komponen pada kendaraan yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Oleh karena perannya yang penting tersebut, sehingga ban sendiri bisa mempengaruhi kenyamanan dan juga keselamatan pengguna ketika sedang berkendara.

Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan, kamu sangat perlu melakukan perawatan secara rutin sesuai prosedur. Karena memang ban juga bisa menjadi rusak sama seperti komponen lainnya, sehingga jika ban sudah terlanjur rusak maka perlu dibenarkan atau bahkan perlu dilakukan penggantian langsung.

Beberapa kerusakan pada ban seperti terkena paku di jalanan memang bisa dengan mudah diselesaikan dengan menambal ban. Namun, sampai kapan kah perbaikan pada ban tersebut diperbolehkan dan juga aman?

Tanda Ban Perlu Diganti Segera

Maka dari itu dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia, berikut beberapa kondisi kerusakan ban yang kondisinya sangat perlu dilakukan penggantian secepatnya :

Sidewall Rusak

Sidewall atau biasa disebut dengan dinding ban adalah salah satu struktur utama ban yang sangat penting. Apabila terjadi kerusakan pada dinding ban seperti retak, maka lebih baik untuk langsung mengganti ban tersebut dengan yang baru. Karena memang jika didiamkan terlalu lama maka akan berpotensi mengalami kerusakan lebih parah seperti pecah ban.

Tambalan Terlalu Banyak

Ketika ban memiliki tambalan terlalu banyak, terlebih ada 1 tambalan yang memiliki ukuran besar, maka sebaiknya ban tersebut segera diganti. Tambalan yang besar dan juga banyak sudah pasti merusak struktur utama ban pada umumnya. Ban juga bisa mengalami dekontruksi apabil digunakan terus-menerus.

Ban Benjol

Terjadinya benjol pada ban bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti cacat produksi. Namun, biasanya hal ini juga bisa terjadi ketika ban menghantam sesuatu dengan keras, contohnya seperti menabrak trotoar ataupun lubang di jalanan.

Benjol pada ban ini akan mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara karena ban menjadi tidak rata. Selain itu, bagian benjol tersebut bisa menjadi tempat ban pecah.

Tanda Ban Perlu Diganti Segera : Ban Retak

Kendaraan yang jarang digunakan, biasanya akan mempengaruhi kualitas ban kendaraan. Ban akan mengalami keretakan dan juga terlihat seperti pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena karet ban mulai getas dan juga mengeras. Keretakan ini juga menandakan bahwa ban sudah mulai kering dank eras sehingga performa ban akan semakin berkurang.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

2 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu