6 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Ban adalah komponen yang sangat penting yang terpasang pada sebuah kendaraan khususnya mobil. Kehadirannya dapat menunjang kenyamanan dan keamanan penumpang pada saat menemani mobilitasnya sehari-hari. Banyak yang menganggap bahwa ban tubeless adalah ban yang anti bocor, lalu apa perbedaan ban tubeless dan ban biasa yang ada? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Membahas tentang perbedaan ban tubeless dan ban biasa ini memang perlu dilihat dari segala sisi. Mulai dari harga ban mobil hingga tingkat kenyamanannya pada saat digunakan. Setidaknya kita akan membahas 6 poin perbedaan dari kedua jenis ban ini. Untuk mengetahuinya, silakan simak ulasan berikut ini.

1. Harga Ban Mobil

Perbedaa pertama yang bisa dilihat adalah dari harganya. Ban tubeless tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan ban biasa. Walaupun harganya lebih mahal, pengemudi akan mendapatkan beberapa keuntungan yang bisa dirasakan.

Ban tubeless sendiri hanya perlu diganti ketika ban memang sudah menipis. Kemudian apabila ban terkena paku, maka kamu bisa melakukan penambalan sendiri dengan cepat menggunakan lem khusus. Berbanding terbalik dengan ban mobil biasa yang ketika tertusuk paku akan langsung bocor dan harus segera di tambal.

2. Material Ban Mobil

Kedua jenis ban ini sebenarnya memiliki material sama-sama karet, namun ada beberapa perbedaan yang tergandung di dalamnya. Untuk ban tubeless memiliki lapisan fluid sealant yang dapat membuat kerapatan ban bertahan lebih lama. Berbeda dengan ban biasa yang menggunakan ban dalam.

Fungsi fluid sealant ini sangat bagus untuk membuat ban tubeless tidak mudah bocor karena akan otomatis merapatkan bagian yang terkena paku dan benda tajam lainnya.

Lihat Juga: Ban Mobil Terbaik dan Berkualitas

3. Komponen Ban Mobil

Komponen ban tubeless sangatlah sedikit, hanya ada ban dan juga velg mobil saja. Sedangkan untuk ban biasa jauh lebih banyak, diantaranya ada ban dalam, velg, ban luar, flap, hingga lock ring.

4. Daya Tahan Ban

Dengan istilah ban anti bocor yang dimiliki oleh ban tubeless membuatnya menjadi lebih kuat dari sisi daya tahan. Karakteristik ban tubeless memang lebih kuat dan kokoh sehingga cocok untuk melewati berbagai medan jalan.

Namun untuk poin satu ini ban biasa lebih unggul dikarenakan ban biasa dapat meredam berbagai jenis getaran. Peredam getaran ini bisa didapat karena adanya bantalan dari ban dalam yang membuatnya lebih nyaman pada saat melewati jalanan beraspal dengan kecepatan rendah. Namun ketika melewati jalan yang rusak maka ban biasa akan lebih riskan.

5. Kenyamanan Ban Mobil

Ban biasa dengan isi angin yang keras akan terasa tetap nyaman pada saat berkendara. Berbeda dengan ban tubeless yang kenyamanannya akan berkurang ketika diisi angin berlebih. Begitu juga ketika mobil melewati jalanan yang basah dan juga licin, pengaruh ban tubeless akan mengurangi rasa nyaman.

6. Tingkat Kebocoran Ban

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, perbedaan ban tubeless dan ban biasa bisa kamu rasakan dari sisi kebocorannya. Ketika ban tubeless tertancap benda tajam, maka kamu hanya perlu melepas benda tajam tersebut lalu menutup lubang menggunakan cairan anti bocor. Berbeda dengan ban biasa yang memang lebih berisiko langsung bocor pada saat terkena benda tajam.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan