Berita Otomotif

Fungsi Piggyback dan Cara Kerjanya pada Mobil Konvensional

Fungsi Piggyback – Dijaman yang perkembangan teknologinya sangat cepat ini banyak sekali inovasi-inovasi pada teknologi kendaraan bermotor yang diperuntukan untuk kenyamanan dan keefisienan penggunanya. Salah satu inovasi tekologi otomotif tersebut adalah piggyback.

Mungkin ada sebagian orang yang masih belum mengetahui tentang komponen piggyback ini. Karena memang komponen yang satu ini bukanlah bawaan dari pabrikan, lalu apa itu piggyback? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Piggyback dan Pengertiannya

Piggyback adalah sebuah teknologi komputer yang ditanam pada mesin mobil. Bentuknya sendiri seperti chip berukuran kecil yang dipasangkan pada electronic control unit (ECU) mobil. Teknologi ini biasanya digunakan pada sebuah mobil balap.

Walaupun begitu, dengan semakin berkembangnya jaman, saat ini piggyback sudah bisa digunakan pada mobil konvensional yang ada. Fungsi piggyback sendiri untuk meningkatkan performa mobil. Kamu bisa tancap gas dengan mobil kesayangan dengan performa yang lebih baik. Untuk sisi efisiensi bahan bakar, piggyback membuat penggunaan bahan bakar cenderung lebih awet.

Cara Kerja Piggyback

Mungkin kamu yang masih belum paham akan bertanya bagaimana cara kerja piggyback ketika dipasangkan di mobil konvensional? Pada normalnya, ECU pada mobil konvensional hanya memberikan sinyal kepaa sistem injeksi sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Namun ketika menggunakan piggyback, sinyak tersebut akan “dimanipulasi” sedemikian rupa sehingga power yang dihasilkan oleh mesin akan menjadi lebih besar.

Cara kerja piggyback kurang lebih seperti ini. Pertama, piggyback akan membaca sinyal dari ECU untuk sistem injeksi mobil. Selanjutnya, piggyback akan memanipulasi sinyal yang dikirimkan ke ECU tersebut. Kemudian data yang sudah dimanipulasi ini akan diteruskan lagi ke sistem injeksi mobil. Hingga akhirnya injeksi bahan bakar akan mengikuti piggyback dan bukan ECU lagi.

Komponen piggyback ini juga terhubung dengan panel khusus yang disediakan. Dengan panel ini, pengemudi bisa mengatur injeksi bahan bakar sesuai keinginannya. Di pasaran sendiri Piggyback biasanya hadir dengan memiliki lima macam pilihan pengaturan.

Kelebihan Piggyback Jika Dipasang pada Mobil

Ternyata ada beberapa kelebihan ketika mobil kesayangan menggunakan piggyback pada ECU mobil. Dengan memasang chip piggyback, horse power alias tenaga yang dihasilkan mesin mobil akan meningkat. Ini dikarenakan data yang dikirim ECU pada sistem injeksi sudah dirubah dengan keinginan pengemudi masing-masing.

Keuntungan piggyback lainnya adalah bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Ini dikarenakan suplai bahan bakar bisa diatur sesuai dengan keinginan pengemudi itu sendiri. Kamu sebagai pemilik mobil juga bisa mengatur ulang sistem pembakaran mesin mobil. Apabila kamu ingin menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah tanpa takut performa mobil turun, maka kamu bisa mengaturnya dengan bantuan piggyback ini.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022