Fungsi Piggyback dan Cara Kerjanya pada Mobil Konvensional

Fungsi Piggyback

Fungsi Piggyback – Dijaman yang perkembangan teknologinya sangat cepat ini banyak sekali inovasi-inovasi pada teknologi kendaraan bermotor yang diperuntukan untuk kenyamanan dan keefisienan penggunanya. Salah satu inovasi tekologi otomotif tersebut adalah piggyback.

Mungkin ada sebagian orang yang masih belum mengetahui tentang komponen piggyback ini. Karena memang komponen yang satu ini bukanlah bawaan dari pabrikan, lalu apa itu piggyback? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Piggyback dan Pengertiannya

Piggyback adalah sebuah teknologi komputer yang ditanam pada mesin mobil. Bentuknya sendiri seperti chip berukuran kecil yang dipasangkan pada electronic control unit (ECU) mobil. Teknologi ini biasanya digunakan pada sebuah mobil balap.

Walaupun begitu, dengan semakin berkembangnya jaman, saat ini piggyback sudah bisa digunakan pada mobil konvensional yang ada. Fungsi piggyback sendiri untuk meningkatkan performa mobil. Kamu bisa tancap gas dengan mobil kesayangan dengan performa yang lebih baik. Untuk sisi efisiensi bahan bakar, piggyback membuat penggunaan bahan bakar cenderung lebih awet.

Cara Kerja Piggyback

Mungkin kamu yang masih belum paham akan bertanya bagaimana cara kerja piggyback ketika dipasangkan di mobil konvensional? Pada normalnya, ECU pada mobil konvensional hanya memberikan sinyal kepaa sistem injeksi sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Namun ketika menggunakan piggyback, sinyak tersebut akan “dimanipulasi” sedemikian rupa sehingga power yang dihasilkan oleh mesin akan menjadi lebih besar.

Cara kerja piggyback kurang lebih seperti ini. Pertama, piggyback akan membaca sinyal dari ECU untuk sistem injeksi mobil. Selanjutnya, piggyback akan memanipulasi sinyal yang dikirimkan ke ECU tersebut. Kemudian data yang sudah dimanipulasi ini akan diteruskan lagi ke sistem injeksi mobil. Hingga akhirnya injeksi bahan bakar akan mengikuti piggyback dan bukan ECU lagi.

Komponen piggyback ini juga terhubung dengan panel khusus yang disediakan. Dengan panel ini, pengemudi bisa mengatur injeksi bahan bakar sesuai keinginannya. Di pasaran sendiri Piggyback biasanya hadir dengan memiliki lima macam pilihan pengaturan.

Kelebihan Piggyback Jika Dipasang pada Mobil

Ternyata ada beberapa kelebihan ketika mobil kesayangan menggunakan piggyback pada ECU mobil. Dengan memasang chip piggyback, horse power alias tenaga yang dihasilkan mesin mobil akan meningkat. Ini dikarenakan data yang dikirim ECU pada sistem injeksi sudah dirubah dengan keinginan pengemudi masing-masing.

Keuntungan piggyback lainnya adalah bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Ini dikarenakan suplai bahan bakar bisa diatur sesuai dengan keinginan pengemudi itu sendiri. Kamu sebagai pemilik mobil juga bisa mengatur ulang sistem pembakaran mesin mobil. Apabila kamu ingin menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah tanpa takut performa mobil turun, maka kamu bisa mengaturnya dengan bantuan piggyback ini.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan