Inilah Tanda Kampas Kopling Habis yang Perlu Kamu Ketahui!

Pada dasarnya, kondisi yang menjadi tanda kampas kopling habis perlu kamu ketahui sejak dini. Sebab, apabila terlambat maka bisa membahayakan diri kamu sendiri maupun penumpang lainnya. Termasuk, juga dengan pengendara lainnya. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui beberapa kondisi yang menjadi pertanda apabila kampas kopling pada mobil kamu sudah perlu diganti. Simak berikut ini penjelasannya.Tanda Kampas Kopling Mobil Habis

Tanda Kampas Kopling Habis

Ada beberapa hal yang menjadi tanda kampas kopling habis. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Tercium Bau Gosong

Dalam hal ini, biasanya bau gosong disebabkan karena kampas kopling yang hangus sehingga membuat kabin menjadi penuh dengan bau tersebut. Bau ini akan semakin kuat tercium saat mobil melewati jalanan yang menanjak atau pun curam. Hal itu biasanya disebabkan karena gesekan yang terus terjadi pada kampas kopling sehingga lama kelamaan akan menimbulkan bau gosong.

Akselerasi Lemah

Selain tercium bau gosong, kamu juga bisa perhatikan dari pergerakan akselerasi mobil yang mulai lemah saat kamu menginjak pedal gasnya. Di mana, mobil hanya akan meraung keras akan tetapi tidak bertenaga. Namun yang perlu diperhatikan, yakni ketika kamu sedang melalui jalanan yang menanjak, maka kamu perlu berhati-hati apabila terjadi kondisi seperti itu. Sebab, hal ini dapat membahayakan diri kamu sendiri dan juga pengendara lainnya yang berada di belakang mobil kamu.

Terjadinya Selip Kopling

Tanda lainnya yang bisa kamu perhatikan, yakni sering terjadinya selip kopling. Hal ini tentunya merupakan ciri umum yang bisa kamu rasakan saat kampas kopling sudah habis dan tidak berfungsi dengan baik. Tentunya, hal ini sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan kamu saat berkendara. Bahkan, tidak sedikit pula yang terkejut saat mengalaminya. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui ciri-ciri bila kampas kopling mobil kamu habis.

Putaran Mesin Tinggi

Nah ini merupakan pertanda yang perlu kamu waspadai. Sebab, hal ini bisa menjadi pertanda apabila kampas kopling mobil kamu mulai habis. Biasanya, penyebabnya karena akselerasi lemah dan permukaan kampas yang sudah licin. Putaran mesin yang tidak semestisnya membuat suhu mesin mobil menjadi tinggi. Tentu, hal ini akan mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara. Oleh karena itu, segeralah untuk mengganti kampas kopling mobil kamu bila sudah merasakan tanda-tanda tersebut ya!

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan