Mengendarai Mobil Saat Banjir, Inilah 4 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui!

Pada dasarnya, mengendarai mobil saat banjir tentu bukanlah hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Ada berbagai pertimbangan serta resiko yang perlu kamu pikirkan sebelum memutuskan apakah akan melewati jalan tersebut atau memilih untuk menggunakan jalan alternatif lainnya.

Apalagi, hujan deras yang mengguyur Jakarta akhir-akhir ini sering kali menyebabkan terjadinya banjir di beberapa titik lokasi tertentu. Begitu pula dengan beberapa daerah lainnya. Padahal, banjir sebenarnya bisa saja merusak beberapa komponen yang cukup penting pada mobil.Hal yang Diperhatikan Ketika Mengendarai Mobil Saat Banjir

Hal yang Diperhatikan Ketika Mengendarai Mobil Saat Banjir

Nah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengendarai mobil saat banjir. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Perhatikan Tinggi Genangan Air

Nah penting bagi kamu untuk memantau terlebih dahulu berapa ketinggian air pada lokasi tersebut. Hal ini dilakukan agar kamu bisa memperkirakan resiko apa yang akan terjadi bila kamu memaksakan diri untuk melintasi jalanan tersebut.

Apabila tinggi air tersebut sudah mencapai setengah dari tinggi ban mobil kamu, maka carilah jalan alternatif lain. Sebab, semakin tinggi permukaan air maka kemungkinan air bisa masuk melalui intake atau saluran udara lebih besar. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi pada mobil kamu.

Pastikan Kondisi Filter Udara Aman

Dalam hal ini, bila kamu melewati jalanan yang tergenang air, pastikan pula kondisi filter udara pada mobil kamu tidak kemasukan air. Sebab, bila filter udara tersebut terendam maka akan menyebabkan water hammer. Dimana, water hammer sendiri merupakan suatu kondisi bila air masuk ke ruang pembakaran dan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Jalankan Mobil Secara Perlahan

Saat melintasi jalanan yang banjir, usahakan agar kamu melajukan kendaraanmu secara perlahan. Hal ini dikarenakan agar air tidak masuk ke dalam dan mengenai komponen penting pada mobil kamu. Selain itu, pelajari pula kontur jalan dengan memperhatikan mobil yang melintas di depanmu. Namun, pastikan untuk tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di hadapanmu ya!

Matikan Mesin Saat Mobil Mogok

Nah terakhir, apabila ketinggian air tersebut sudah melebihi batas aman sehingga mengakibatkan mobil menjadi mogok maka berhentilah. Jangan memaksakan untuk tetap terus melajukan kendaraan kamu. Bahkan, sangat dianjurkan untuk tidak mencoba menyalakan mesin mobil apabila terjadi kondisi seperti itu. Hal ini bisa saja mengakibatkan terjadinya konsleting pada sistem pengapian.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan