Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil

Cara Kerja Kopling Mobil – Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual, tentu perlu paham dan mengetahui salah satu komponen penting ini. Kopling adalah komponen penghubung antara proses engkol dengan gigi transmisi pada mobil. Fungsinya sendiri adalah untuk memindah tenaga mesin ke transmisi sehingga mampu merubah tingkat kecepatan sesuai yang diinginkan pengemudi.

Untuk lebih mengerti dan juga memahami cara kerja kopling mobil. Berikut adalah penjelasan singkat bagaimana komponen yang satu ini bekerja ketika diinjak dan apa pengaruh mekaniknya ke mesin mobil.

Cara Kerja Kopling Mobil

Ketika mesin mobil dinyalakan, lalu posisi persneling masuk namun handle kopling tidak ditarik. Maka kopling akan menyalurkan putaan mesin menuju poros primer. Putaran poros tersebut akan dilanjutkan oleh gigi bagian primer agar rumah kopling dan juga kanvas ikut berputar.

Ketika mesin mobil dinyalakan lalu persneling kondisi masuk dan handle kopling ditarik, maka yang terjadi adalah tali kopling akan menarik tuas dan juga mendorong tutup pegas. Lalu plat dasar akan mundur dan plat penjepit kanvas kopling akan meregang, dan putaran mesin hanya sampai pada kanvas kopling saja. Hal inilah yang membuat fungsi kopling menjadi pemutus hubungan.

Ketika kamu sedang berpindah gigi mobil, maka yang terjadi sebenarnya adalah pedal persneling mendapat tekanan dan handle kopling akan memutar pengangkat. Hal ini juga yang menyebabkan posisi peluru memiliki penahan bola sehingga pengangkat akan terdorong dan juga mendorong ke arah luar.

Apabila Pedal Kopling Diinjak

Ketika pengemudi mobil menginjak pedal kopling, maka yang terjadi adalah release fork (tuas pembebas) menekan release bearing. Pada saat yang sama, hal tersebut juga menekan diafragma spring dan juga pegas akan mengungkit pressure plate sehingga komponen plat kopling akan terbebas dari putaran mesin.

Ketika Pedal Kopling Dilepas

Dan ketika pengemudi melepas kopling, maka yang terjadi adalah fork akan kembali ke posisi awal dan tidak ada tekanan yang menuju diafragma spring seperti saat diinjak. Selanjutnya putaran mesin akan disalurkan menuju transmisi.

Cara Kerja Kopling Mobil Otomatis

Kopling mobil otomatis diatur oleh tinggi dan rendahnya putaran mesin pada mobil itu sendiri. Sama dengan kopling pada mobil manual, kopling jenis ini pun memiliki kedudukan poros engkol dan juga poros primer. Cara kerjanya juga sama, yang menjadi pembeda hanya pada alat yang menggantikan perlengkapan handle saja.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan