Cara Baca Ukuran Ban Mobil Dengan Benar

Cara Baca Ukuran Ban Mobil

Cara Baca Ukuran Ban Mobil – Pernahkah kamu perhatikan pada sisi luar atau dinding ban kendaraan kamu memiliki baris kode yang tertulis seperti 205/65R16 95H atau 245/45ZR18W. Untuk sebagian orang yang sudah mengerti tentang seluk beluk mobil, pasti akan cukup mudah untuk membaca dan memahami barisan kode tersebut. Namun, untuk kamu yang memang masih awam akan dunia otomotif mungkin akan dilanda kebingungan ketika melihat kode tersebut.

Sebenarnya, barisan kode yang terukir pada dinding ban tersebut adalah untuk menunjukkan ukuran dan juga kapasitas. Cara baca ukuran ban mobil sendiri sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu melihat angka dan juga huruf yang ada pada barisan kode tersebut. Untuk ulasan lengkapnya tentang bagaimana cara membaca ukuran ban mobil dengan benar, berikut bisa kamu simak di bawah ini :

Cara Baca Ukuran Ban Mobil

Kode yang terukir pada sisi luar ban memiliki ininformasi tentang ukuran tekanan yang baik, bentuk, tahun produksi, ukuran pelek, beban maksimum, hingga rotasi kecepatan mobil. Lalu kode yang mana yang mewakili informasi itu semua? Berikut ulasan lengkapnya :

Tiga Angka di Depan Adalah Kode Ketebalan

Sebagai contoh untuk informasi pertama, kita akan menggunakan kode 205/65R16 95H. Jika diperhatikan pada bagian awal kode kamu bisa melihat angka 205. Tiga angka paling depan pada kode ban tersebut adalah menunjukkan tingkat ketebalan ban dalam satuan millimeter ketika dipasang pelek.

Dua Angka Selanjutnya Adalah Rasio Ban

Setelah mengetahui arti tiga angka paling depan, kamu akan melihat garis miring setelahnya yang pertanda pemisah antar kode. Dua angka setelah garis miring, yaitu 65 (205/65R16 95H), memiliki arti rasio ban. Kode rasio ban sendiri adalah persentase tinggi ban terhadap ketebalannya.

Cara Baca Ukuran Ban Mobil : Huruf di Tengah Berarti Konstruksi Ban

Tak hanya angka, kode ban juga memiliki huruf yang letaknya ada di tengah dan juga akhir. Untuk huruf yang di tengah kode, yaitu R, memiliki arti knstruksi ban. Kode huruf R tersebut adalah kepanjangan dari kata Radial.

Dua Angka Setelah Huruf Miliki Arti Lebar Diameter

Lalu setelah huruf R akan disusul dengan dua angka, yaitu 15 (205/65R16 95H). Dua angka setelah huruf di tengah tersebut memiliki arti sebagai penunjuk lebar diameter pelek dalam ukuran inci. Jika kamu ingin mengetahui ukuran diameter pelek banm kamu hanya perlu membaca dua angka tersebut. Semakin besar engkanya, semakin besar juga ukuran pelek yang dipasang pada ban.

Cara Baca Ukuran Ban Mobil : Dua Angka Terakhir Memiliki Arti Beban Tumpuan

Masih dengan contoh 205/65R16 95H, selanjutnya kamu akan melihat dua angka paling terakhir sebelum huruf. Dua angka tersebut adalah 95, yang berarti batas tumpuan atau yang mampu ditopang oleh masing-masing ban adalah sebesar 650kg. Berikut di bawah ini daftar kode batas tumpuan beserta total bobot yang disarankan pabrikan :

Kode Arti
70 Beban Maksimal 335 kg
75 Beban Maksimal 387 kg
80 Beban Maksimal 450 kg
90 Beban Maksimal 600 kg
100 Beban Maksimal 800 kg

Satu Huruf Terakhir Memiliki Arti Speed Rating

Pada contoh 205/65R16 95H, huruf H yang ada di posisi terakhir memiliki arti speed rating. Yaitu ketika ban memiliki kode H berarti ban tersebut memiliki batas kecepatan maksimal hingga 210 km/jam. Selain H, ada juga beberapa kode lainnya seperti J, Q, S, T, U, V, W, dan Y. Huruf J adalah kode batas kecepatan yang paling rendah yaitu 100 km/jam, dan huruf Y adalah kode kecepatan maksimal paling tinggi hingga lebih dari 300 km/jam.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan