Kategori: Tips Otomotif

AC Mobil Kurang Dingin, Inilah Penyebabnya

AC (Air Conditioner) mobil kurang dingin memang kerap kali tidak membuat nyaman. Selain itu, AC memang menjadi bagian penting dalam fitur kendaraan mobil kamu, apalagi ketika kamu sedang berkendara di tengah teriknya matahari. Sudah pasti, hembusan AC menjadi satu-satunya sumber solusi untuk mengatasinya.

Namun, bagaimana jika AC di mobil kamu ternyata tidak menghembuskan angin dengan optimal atau tidak terasa sama sekali? Tentu saja hal ini bisa menjadi sebuah masalah. Sebab itu kamu harus mengetahui cara untuk mengatasinya.

Apa yang Menyebabkan AC Mobil Kurang Dingin?

AC kurang dingin bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun biasanya ada beberapa hal yang paling umum sering terjadi penyebab AC mobil kurang dingin. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasannya dibawah ini.

Freon yang bocor

Freon yang bocor bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak terasa dingin. Sebab, freon tidak akan mengalami kebocoran jika sistemnya tidak mengalami masalah. Kebocoran ini lah yang membuat freon secara perlahan menjadi habis dan menimbulkan AC kurang dingin.

Filter AC tersumbat

Jika kamu jarang membersihkan filter AC mobil kamu, debu dan kotoran akan menyumbat sirkulasi atausaringan udara tempat keluarnya AC, sehingga hembusannya anginnya kurang berasa di kulit.

Evaporator dan Kondesor yang kotor

Kotornya evaporator menjadi penyebab utama AC menjadi kurang dingin. Hal ini disebabkan oleh debu yang tidak dapat tersaring filter, sehingga menumpuk di bagian evaporator.

Sedangkan kondesor yang kotor menyebabkan kurang maksimalnya pembuangan panas yang dihasilkan oleh AC, sebab itu kondesor dan sistem kerja AC sangat berkaitan. Jika salah satunya tidak berfungsi, maka akan menimbulkan masalah.

Overheating mesin

Mesin yang mengalami overheating akan ditandai dengan berkurangnya hawa dingin yang AC hembuskan. Sebab, bagian kompresor AC menempel pada blok mesin yang menyebabkan suhunya naik. Jika kompresor AC naik, maka tekanan freon ikut naik yang berdampak pada sirkulasi AC.

Lakukan Beberapa Perawatan AC Mobil

Kamu dapat melakukan beberapa perawatan AC mobil secara mandiri di rumah untuk mencegah terjadinya AC mobil kurang dingin, seperti rutin membersihkan kondesor, menjaga kebersihan mobil, dan juga rutin mengecek freon pada mesin. Sebab, biaya untuk membetulkan AC tergolong mahal.

Pos Terbaru

Ini Dia Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar dan Berisik

Mobil dengan suara mesin  yang kasar dan berisik tentunya sangat mengganggu kenyamanan pengemudi dalam berkendara.… Read More

58 menit lalu

Speedometer Rusak? Ternyata Ini Penyebabnya!

Speedometer yang rusak kerap kali membuat pengemudi kesulitan untuk mengetahui informasi terkait indikator kendaraannya. Biasanya,… Read More

5 jam lalu

Begini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Bermasalah

Aki mobil merupakan komponen yang sangat vital pada sebuah mobil. Aki ini memiliki fungsi sebagai… Read More

1 hari lalu

Ketahui 9 Macam Aliran Modifikasi Mobil

Aliran modifikasi di Indonesia semakin lama kian berkembang mengikuti arus zaman. Belakangan ini, sedikit banyak… Read More

2 hari lalu

Velg Original Design Terbaru, MYTH 08 dan MYTH 10

Velg Original Design HSR Wheel terbaru telah resmi diluncurkan. Hal ini membuktikan bahwa HSR Wheel… Read More

2 hari lalu

5 Penyebab Mobil Eropa Dibanderol Harga Tinggi

Pernahkah kamu berpikir mengapa mobil Eropa dibanderol dengan harga yang tinggi? Jika kamu perhatikan, dibanding… Read More

4 hari lalu