Speedometer Rusak? Ternyata Ini Penyebabnya!

speedometer

Speedometer yang rusak kerap kali membuat pengemudi kesulitan untuk mengetahui informasi terkait indikator kendaraannya. Biasanya, speedometer yang bermasalah tidak dapat berfungsi sebagai pengingat atau penunjuk indikator, yang paling parah sama sekali tidak berfungsi sebagai penunjuk kecepatan.

Padahal, jarum penunjuk kecepatan sangat penting untuk pengemudi mengukur seberapa kencang mobil melaju di jalanan. Selain itu, panel-panel vital lainnya seperti penunjuk bahan bakar tidak bergerak. Hal ini sangat menyulitkan pengemudi untuk mengetahui kondisi bahan bakar mobilnya. Oleh sebab itu, ketahui penyebab dan cara memperbaiki speedometer rusak di bawah ini.

Apa Penyebab Speedometer Rusak?

Ada beberapa hal yang mejadi penyebab speedometer rusak atau ngaco. Kadang bisa juga terjadi karena kualitas perangkat di speedometer sudah berumur, sehingga kinerjanya tentu saja menurun. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penyebab lainnya di bawah ini.

Kerusakan Sistem Kelistrikan

Sebenarnya, kerusakan speedometer paling umum terjadi akibat sistem kelistrikan mobil mengalami masalah. Sebab, speedometer memang sangat berkaitan erat dengan sistem speedometer. Kamu bisa mulai dengan mengecek jalur kabel menuju speedometer, biasanya penyebabnya bisa karena terputusnya kabel atau ada kecacatan di bagian kabelnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek sekring yang terhubung dengan speedometer mobil, biasanya jika mengalami kerusakan kamu harus menggantinya dengan yang baru di bengkel terdekat.

Kerusakan pada Sistem Speedometer

Speedometer yang rusak bisa disebabkan karena sistem speedometernya yang bermasalah atau error. Sebab, produsen mobil biasnya memasang sebuah sensor kecepatan mobil di bagian transmisi mobil tersebut. Beberapa masalah yang sering terjadi di sistem kelistrikan speedometer seperti Gear Tranduser yang menyebabkan panel indikator spedomeeter tidak berfungsi membaca kecepatan mobil.

Kerusakan pada Panel

Selain sistem dan kelistrikan dan sitem speedometer yang bermasalah. Biasanya disebabkan karena kerusakan pada panel speedometernya sendiri yang mengalami eror atau rusak. Untuk mendeteksi kerusakan panel ini kamu bisa menggunakan alat scan yang bernama scan tool. Nantinya kamu akn mengetahui letak panel speedometer yang mengalami kerusakan atau eror. Umumnya, jika panel speedometer mengalami kerusakan harus diganti secara keseluruhan untuk meminimalisir terjadinya malfungsi pada komponen lainnya di panel speedometer.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan