Berita Otomotif

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang memiliki sebuah kendaraan, pajak kendaraan dibebankan setiap tahunnya. Bagi pemilik kendaraan, pasti sudah sering mendengar tentang apa itu pemutihan pajak kendaraan.

Namun mungkin ada beberapa orang yang masih belum mengetahui tentang pemutihan pajak ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Pemutihan pajak kendaraan adalah salah satu istilah yang cukup dikenal dalam dunia perpajakan. Pemutihan ini merupakan kebijakan tentang penghapusan denda keterlambatan dalam membayar pajak kendaraan. Kebijakan ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah daerah dan aturan di setiap daerah tentu saja berbeda-beda.

Lalu, apa tujuan diadakannya pemutihan pajak kendaraan? Kegiatan pemutihan ini dilakukan untuk mendorong para wajib pajak untuk membayar kewajiban pajak mereka. Dengan menghapus denda, maka mereka tidak perlu lagi mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Mereka hanya membayar pajak sesuai dengan besarannya tanpa perlu menanggung denda lagi.

Syarat Pemutihan Pajak Kendaraan

Pemutihan ini bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan catatan, mereka melakukan pembayaran wajak dalam waktu yang sudah ditentukan. Biasanya, durasi bayar pajak pemutihan lumayan lama, yaitu sekitar tiga bulan.

Setelah mengetahui apa itu pemutihan pajak kendaraan, kamu juga perlu mengetahui syarat yang perlu kamu siapkan. Untuk mengetahui persyaratannya, simak ulasan di bawah ini.

  1. Persiapkan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan juga fotokopi. Apabila STNK dalam masa tenggang, lakukan lah perpanjangan dahulu.
  2. Siapkan KTP asli dan fotokopi yang sesuai dengan data tercantum di STNK.
  3. Siapkan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli dan fotokopi.
  4. Map warna merah untuk roda 4, map warna kuning untuk roda 2. Map digunakan untuk meletakkan seluruh berkas persyaratan.
  5. Uang sejumlah pajak

Untuk mengikuti pemutihan ini, kamu bisa datangi kantor SAMSAT, SAMSAT Corner, SAMSAT Thru, hingga SAMSAT Keliling. Beberapa daerah juga saat ini sudah melayani pembayaran melalui online dengan e-SAMSAT. Hindari mengikuti pemutihan ini dengan menggunakan jasa calo karena hal tersebut tentu akan merugikan diri sendiri.

Pos Terbaru

Melihat Kasus Mustang Shelby GT500, Simak Penyebab Mobil Terbakar

Penyebab Mobil Terbakar - Tragedi mengenaskan terjadi terhadap mobil Ford Mustang Shelby GT500 yang terbakar… Read More

27 Juli 2021

Modifikasi Kijang Super Menggunakan Velg HSR Wheel

Modifikasi Kijang Super - Kijang super atau biasa disebut dengan kijang Grand Extra ini adalah… Read More

26 Juli 2021

5 Penyebab Ban Mobil Aus dengan Cepat

Ban Mobil Aus - Seperti yang diketahui, ban adalah komponen yang sangat penting yang ada… Read More

24 Juli 2021

Modifikasi Avanza dengan Velg HSR, Makin Ganteng

Modifikasi Avanza - Avanza adalah mobil yang mungkin bisa disebut sebagai mobil sejuta umat. Mobil… Read More

23 Juli 2021

Bahaya Parfum Mobil yang Menempel di Kisi AC

Bahaya Parfum Mobil - Untuk kamu yang memiliki kendaraan khususnya mobil, pasti kondisi ruang kabin… Read More

22 Juli 2021

Modifikasi Brio dengan Velg HSR, Keren Banget

Modifikasi Brio - Honda Brio merupakan salah satu mobil yang masih ke dalam jenis Low… Read More

21 Juli 2021