Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Pemutihan Pajak Kendaraan

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang memiliki sebuah kendaraan, pajak kendaraan dibebankan setiap tahunnya. Bagi pemilik kendaraan, pasti sudah sering mendengar tentang apa itu pemutihan pajak kendaraan.

Namun mungkin ada beberapa orang yang masih belum mengetahui tentang pemutihan pajak ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Pemutihan pajak kendaraan adalah salah satu istilah yang cukup dikenal dalam dunia perpajakan. Pemutihan ini merupakan kebijakan tentang penghapusan denda keterlambatan dalam membayar pajak kendaraan. Kebijakan ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah daerah dan aturan di setiap daerah tentu saja berbeda-beda.

Lalu, apa tujuan diadakannya pemutihan pajak kendaraan? Kegiatan pemutihan ini dilakukan untuk mendorong para wajib pajak untuk membayar kewajiban pajak mereka. Dengan menghapus denda, maka mereka tidak perlu lagi mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Mereka hanya membayar pajak sesuai dengan besarannya tanpa perlu menanggung denda lagi.

Syarat Pemutihan Pajak Kendaraan

Pemutihan ini bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan catatan, mereka melakukan pembayaran wajak dalam waktu yang sudah ditentukan. Biasanya, durasi bayar pajak pemutihan lumayan lama, yaitu sekitar tiga bulan.

Setelah mengetahui apa itu pemutihan pajak kendaraan, kamu juga perlu mengetahui syarat yang perlu kamu siapkan. Untuk mengetahui persyaratannya, simak ulasan di bawah ini.

  1. Persiapkan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan juga fotokopi. Apabila STNK dalam masa tenggang, lakukan lah perpanjangan dahulu.
  2. Siapkan KTP asli dan fotokopi yang sesuai dengan data tercantum di STNK.
  3. Siapkan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli dan fotokopi.
  4. Map warna merah untuk roda 4, map warna kuning untuk roda 2. Map digunakan untuk meletakkan seluruh berkas persyaratan.
  5. Uang sejumlah pajak

Untuk mengikuti pemutihan ini, kamu bisa datangi kantor SAMSAT, SAMSAT Corner, SAMSAT Thru, hingga SAMSAT Keliling. Beberapa daerah juga saat ini sudah melayani pembayaran melalui online dengan e-SAMSAT. Hindari mengikuti pemutihan ini dengan menggunakan jasa calo karena hal tersebut tentu akan merugikan diri sendiri.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan