Apa yang Dimaksud Center Bore Pada Velg Mobil

Mengganti velg mobil standar dengan velg variasi merupakan sesuatu yang paling sering dilakukan oleh para pemilik mobil untuk meningkatkan penampilan mobil menjadi lebih keren dan unik. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk mengganti velg mobil standar termasuk ukuran center bore velg.

Center bore merupakan lubang tengah velg yang berfungsi untuk menahan velg agar tetap berada dipusat roda. Saat mengganti velg standar, adalah hal wajib untuk mengetahui bahwa rata-rata diameter center bore velg variasi atau aftermarket memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan velg standar bawaan pabrik. Hal tersebut bertujuan agar dapat digunakan untuk setiap type mobil.

Resiko Bila Terdapat Rongga Kosong Pada Center Bore

  • Menyebabkan getaran pada roda
  • Memperpendek umur bearing
  • Baut roda patah
  • Kemampuan pengereman menurun drastis
  • Memperpendek umur pemakaian velg bahkan bisa merusak velg dan komponen lainnya
  • Pemakaian BBM lebih boros

Selain kenyamanan berkendara yang terganggu, resiko terdapat rongga kosong atau celah pada center bore juga bisa membuat keselamatan pengemudi terancam.

Solusi Untuk Mengisi Celah Pada Center Bore

Ada komponen tambahan lain yang memang dibuat untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu Center ring. Center ring dibuat khusus untuk mengisi ruang kosong yang terdapat pada center bore untuk membuat velg tetap presisi dan tidak hanya bertumpu pada baut.

Melakukan modifikasi pada velg mobil jelas tidak boleh secara asal-asalan. Jangan hanya berfokus pada penampilan mobil saja, tetapi juga memperhatikan aspek lainnya. Bagi Anda yang belum terlalu memahami cara mengganti velg yang benar, langkah paling bijak adalah dengan berkonsultasi pada mekanik atau orang yang benar-benar paham.

Sebagai salah satu produsen velg yang cukup dikenal di Indonesia, HSR Wheel selalu siap membantu Anda yang berniat untuk mengganti velg standar dengan velg Variasi.  Bagi Anda yang tertarik menggunakan velg HSR, Anda bisa langsung menghubungi kontak kami atau bisa datang langsung ke toko cabang TKB Group Indonesia. Demi menjaga konsistensi terhadap mutu dan kualitas, HSR Wheel hanya dijual melalui toko cabang TKB Group Indonesia.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan