Proses Pembuatan Velg Mobil Metode Flow Forming

Dalam menciptakan sebuah velg mobil ada beberapa metode untuk proses pembuatan velg, mulai dari metode casting (gravity casting dan low presure casting), flow forming, dan forging. Dalam artikel sebelumnya kami pernah membahas sedikit tentang proses pembuatan velg menggunakan metode casting, kali ini kami akan mencoba untuk membahas tentang proses pembuatan velg mobil menggunakan metode flow forming.

Proses Flow Forming

Proses pembuatan velg menggunakan metode flow forming itu sendiri merupakan pengembangan dari low presure casting. Proses ini hampir mirip dengan metode forging, dengan biaya yang lebih kecil.

  • Langkah pertama yang dilakukan dalam proses pembuatan velg dengan metode flow forming ini diawali dengan dengan cara melakukan proses casting atau mencetak untuk menentukan desain pada bagian muka velg. Sementara dalam proses ini, bagian lebar velg belum dibentuk dan masih dalam bentuk padat.

  • Setelah proses casting selesai, langkah selanjutnya adalah memasangkan velg kedalam sebuah mesin untuk membentuk lebar velg. Dalam mesin tersebut, velg dipanaskan sambil diputar dengan tekanan roller membentuk lebar velg sesuai dengan yang sudah ditentukan. Proses ini mirip dengan membuat sebuah guci dari tanah liat.

  • Setelah velg terbentuk dilanjutkan dengan proses finishing.

Kelebihan Proses Pembuatan Velg Mobil Metode Flow Forming

Velg yang dihasilkan menggunakan metode flow forming lebih ringan dan kuat dibandingkan dengan proses pembuatan velg casting, hal ini dikarenakan susunan material yang lebih rapat dan padat. Selain itu, offset yang dimiliki juga lebih bervariatif.

Meskipun dikatakan kualitas velg mobil yang menggunakan proses pembuatan dengan metode flow forming lebih baik dibandingkan velg casting, banyak produsen velg yang lebih memilih membuat velg menggunakan metode casting. Alasannya adalah untuk menekan biaya produksi dan efisiensi waktu pengerjaan, karena persaingan harga dan jumlah permintaan yang cukup banyak.

Velg Mobil Standar Casting HSR Wheel

Velg standar casting HSR tidak hanya berfokus dalam hal desain, tetapi dalam segala aspek termasuk daya tahan atau durabilitas velg. Meskipun menjamin velg dengan kualitas terbaik, harga yang ditawarkan terbilang cukup kompetitif. Jadi bagi yang sedang mencari velg standar casting bisa HSR Wheel merupakan pilihan paling tepat.

Velg Casting HSR Wheel

HSR Wheel hanya menjual produk velgnya melalui toko yang terdaftar sebagai cabang dari TKB Group Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga mutu dan kualitas produk. Untuk list cabang toko TKB Group Indonesia bisa klik disini.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan