Proses Pembuatan Velg Mobil Metode Casting

Velg mobil merupakan salah satu komponen mobil yang mampu meningkatkan tampilan atau gaya mobil secara keseluruhan. Ada banyak jenis dan variasi desain velg mobil yang beredar dipasaran dengan ukuran, kualitas dan harga yang berbeda. Perbedaan kualitas dan harga tersebut, berdasarkan dari bahan atau material velg dan proses pembuatan velg itu sendiri. Dalam hal proses pembuatan velg ada beberapa metode yang diterapkan diantaranya, casting, flow forming, dan forging. Disini kami akan coba sedikit membahas bagaimana proses pembuatan velg mobil dengan metode casting.

Gravity Casting dan Low Presure Casting

PROSES PEMBUATAN VELG MOBIL

Pembuatan velg mobil dengan metode casting terbagi menjadi 2, yakni gravity casting dan low prespure casting. Apa yang membedakan dari kedua metode tersebut?

Gravity Casting

Proses pembuatan velg gravity casting merupakan metode yang paling dasar. Proses ini dilakukan dengan cara menuangkan material yang dilelehkan kedalam cetakan atau mold velg dengan memanfaatkan gravitasi bumi untuk memenuhi cetakan.

Keuntungan Metode Gravity Casting

  1. Ongkos atau biaya produksi lebih murah.
  2. Waktu pembuatan lebih singkat.

Dengan keuntungan tersebut, hampir semua produsen velg mobil masih menggunakan metode ini dengan modifikasi tehnik yang terus dikembangkan demi mendapatkan hasil dengan kualitas yang lebih baik.

Low Presure Casting

Proses pembuatan velg mobil dengan metode low presure casting ini dilakukan dengan cara menuangkan material yang sudah dicairkan kedalam cetakan atau mold menggunakan alat yang menghasilkan tekanan rendah atau low pressure.

Keuntungan Metode Low Presure Casting

  1. Memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi dibandingkan metode gravity casting.

  2. Waktu pembuatan lebih singkat.

Dibandingkan metode gravity casting, velg mobil yang dihasilkan dengan menggunakan metode low presure casting memiliki kepadatan yang lebih baik dan juga memiliki bobot yang lebih ringan. Namun, untuk biaya produksi sedikit lebih mahal.

Dengan banyaknya permintaan, proses pembuatan velg mobil dengan metode casting baik itu gravity casting ataupun low pressure casting menjadi pilihan utama para produsen velg mobil. Alasannya karena pembuatan velg dengan metode ini, lebih effisien. Biaya produksi lebih murah dan bisa memproduksi velg secara masal dengan waktu yang lebih singkat. Namun, tidak semua produsen memperhatikan kualitas velg mobil yang dipasarkan. Meskipun metode pembuatan yang dilakukan sama, tetapi kualitas yang dihasilkan tidak sama.

HSR Wheel salah satu produsen velg yang memiliki konsistensi terhadap kualitas, jadi sebelum dipasarkan setelah proses finishing masih dilakukan pemeriksaan kualitas. Mulai dari bentuk velg presisi atau tidak, lubang baut, cat, etc.

Tertarik dengan produk velg HSR Wheel? Silahkan klik disini untuk melihat-lihat. Ada velg yang cocok, bisa langsung mengubungi kami atau mendatangi langsung toko cabang TKB terdekat. Karena HSR Wheel hanya dijual melalui toko-toko cabang TKB Group Indonesia untuk menjaga mutu dan kualitas produk. Selain produk velg HSR Wheel, toko cabang TKB juga menyediakan Ban Accelera, Forceum, Zeteex dan beberapa aksesoris mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan