Penggunaan Nitrogen Pada Ban Mobil

Penggunaan nitrogen saat ini menjadi pilihan utama sebagai pengisi udara pada ban kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat. Memang biaya pengisian ban menggunakan nitrogen lebih mahal bila dibandingkan angin biasa, namun banyak keuntungan yang bisa didapat dengan mengisi ban menggunakan nitrogen. Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan nitrogen dibandingkan menggunakan angin biasa. Tetapi ada beberapa hal juga yang perlu dipastikan kebenarannya.

Dengan karakteristik dari nitrogen yang memiliki molekul yang lebih besar serta kadar air yang lebih sedikit, mampu menutupi pori-pori ban dengan baik. Dengan begitu tekanan udara didalam ban lebih stabil jadi tidak mudah kempes.

  • Ban Mobil Lebih Awet

Selain membuat tekanan ban lebih stabil, karakter dari gas nitrogen juga mampu menjaga elastisitas ban. Hal tersebut membuat kelenturan pada ban lebih terjaga. Selain awet, kelenturan pada ban tersebut memberikan kenyamanan saat berkendara.

  • Hemat Bahan Bakar

Tekanan angin pada ban yang lebih stabil dengan menggunakan nitrogen, membuat performa ban lebih maksimal. Dengan performa ban mobil yang lebih maksimal, putaran roda jadi lebih ringan membuat penggunaan bahan bakar pada mobil lebih hemat.

  • Bisa Digunakan pada Ban Tubeless Maupun Ban Biasa (Menggunakan Ban Dalam)

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa nitrogen hanya bisa digunakan hanya pada ban tubeless. Namun faktanya adalah, nitrogen juga bisa digunakan baik pada ban tubeless ataupun ban biasa.

  • Ban Tidak Cepat Panas

Karakteristik nitrogen yang memiliki molekul yang lebih besar, mengurangi gaya gesek pada ban. Jadi selain menjaga elastisitas ban, suhu ban juga lebih terjaga.

Meskipun memiliki banyak hal positif, sangat disarankan untuk tetap melakukan pengecekan terhadap ban mobil secara berkala, khususnya saat memasuki musim hujan. Biasanya, saat memasuki musim hujan ban mobil yang diisi menggunakan nitrogen bisa lebih cepat kempes. Karena air mampu menyerap nitrogen yang menyebabkan kandungan nitrogen cepat habis.

Ingin mendapatkan pelayanan pengisian nitrogen secara cuma-cuma ? TKB Group Indonesia, memiliki pelayanan gratis pengisian ban dengan nitrogen untuk setiap member TKB. Syarat untuk menjadi member adalah dengan melakukan transaksi pembelian produk berupa velg mobil HSR Wheel, Ban Accelera, Zeetex, atau Forceum yang tersedia di toko TKB.

Selain layanan gratis isi nitrogen untuk setiap member, TKB group juga memberikan layanan gratis tambal ban tubeless dan gratis balancing yang berlaku di seluruh toko cabang TKB di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami atau langsung mendatangi toko cabang TKB terdekat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan