Kenapa Putaran Setir Mobil Tidak Sama?

Putaran Setir Mobil Tidak Sama

Putaran Setir Mobil Tidak Sama – Setir mobil adalah salah satu komponen di dalam mobil yang dapat mengendalikan mobil. Melihat fungsinya yang penting tersebut, maka sebagai pemilik perlu memastikan bahwa kondisi komponen selalu optimal setiap waktu. Namun, bagaimana jadinya jika putaran setir mobil tidak sama?

Di dalam permasalahan setir mobil, selain masalah kemudi berat, ada juga masalah putaran yang tidak sama. Contoh kerusakannya akan seperti ini. Ketika kamu belok kiri, kamu hanya perlu satu putaran setir saja. Sedangkan ketika kamu belok kanan, perlu dua putaran setir. Maka sudah terlihat perbedaannya dari jumlah putaran saat berbelok tersebut.

Penyebab Putaran Setir Mobil Tidak Sama

Jika sudah begini, maka kamu perlu segera mencari tahu apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Untuk, berikut bisa kamu simak ulasannya di bawah ini :

Pernah Mengganti Komponen Setir Mobil

Penyebab putaran kemudi mobil tidak sama yang pertama adalah karena kamu pernah melakukan penggantian komponen. Ada beberapa komponen mobil yang memang sangat berpengaruh terhadap sudut belok mobil seperti tie road dan rack steer.

Apabila kau pernah mengganti salah satu komponen yang disebutkan di atas, maka kemungkinan hal tersebutlah penyebabnya. Dengan sifat yang sangat memiliki pengaruh terhadap manuver mobil, maka ada baiknya segera lakukan pengecekan ke bengkel sebelum ada masalah yang lebih besar.

Masalah ini akan menjadi lebih besar untuk kamu apabila produk yang kamu pasang adalah palsu. Maka hanya perlu enghitung waktu saja hingga permasalahan ini terjadi. Inilah mengapa kamu perlu memakai produk asli keluaran pabrik mobil tersebut agar kualitas dan hasil kerja terjamin.

Menggunakan Produk Tidak Sesuai Spesifikasi

Ada penyebab lain yang dapat memicu permasalahan ini terjadi, yaitu menggunakan produk tidak sesuai standar bawaan. Walaupun bentuknya terlihat sama, namun perbedaannya sendiri bisa dirasakan. Termasuk suduh belok setir mobil yang berbeda.

Mengecek Komponen Kemudi Setir

Di luar dua penyebab di atas, kamu juga boleh mengkhawatirkan tentang kondisi komponen yang terpasang. Kamu bisa melakukan pengecekan bagian stopper atau penyetel turning radius. Letaknya sendiri ada di bawah chassis depan, tepatnya dekat pitman arm. Jika besi patah dan bengkok, maka hal tersebut bisa saja menjadi salah satu penyebabnya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan bagian tie road kiri dan juga kanan. Jika pun komponen ini bengkok, maka ada baiknya segera lakukan pengecekan. Bawa mobil kamu ke bengkel kepercayaan atau bengkel resmi terdekat dari rumah kamu. Hal ini dikarenakan putaran setir mobil menjadi permasalahan yang cukup besar, maka dari itu kamu perlu mencari bengkel yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan