Apa Itu Aki Hybrid & Kelebihannya

Aki Hybrid

Aki Hybrid – Aki atau Accu adalah salah satu komponen yang sangat penting di sebuah mobil, kehadirannya di ruang mesin mobil kesayangan adalah sumber utama kelistrikan yang ada pada mobil. Aki sendiri memiliki beberapa jenis aki mobil, diantaranya ada aki basah dan juga aki kering. Namun, saat ini mulai muncul accu jenis baru yang disebut dengan aki hybrid. Pernah kah kamu mendengar nama aki hybrid ini?

Aki Hybrid Adalah

Memang perlu diketahui, selain ada accu kering dan juga basah, saat ini hadir accu hybrid yang memiliki keunggulan dan juga kelebihan yang cukup menarik. Accuhybrid ini dapat dibilang adalah hasil pengembangan terakhir.

Lalu, kenapa diberi nama hybrid? Apakah accu jenis ini khusus dibuat dan digunakan oleh mobil bermesin hybrid? Ternyata jawabannya tidak, accu hybrid sendiri sangat bisa digunakan oleh berbagai jenis mobil. Aki jenis ini dikatakan hybrid karena teknologi yang disematkan di dalamnya seolah hasil dari gabungan sifat aki mobil konvensional dan juga Maintenance Free atau biasa disebut dengan singkatan MF.

Accu hybrid ini sebenarnya masih menggunakan cairan elektrolit seperti accu konvensional namun yang berbeda adalah kadar penguapannya sangat minim. Perbedaan lain dengan accu jenis konvensional adalah accu hybrid sudah diisi dengan cairan sejak dari pabrik dan memiliki setrum. Sehingga dapat langsung digunakan seperti aki MF.

Berbicara mengenai kandungan kimiawi di dalamnya, aki jenis ini merupakan hasil kombinasi dari aki biasa dan juga aki kalsium. Dengan perpaduan tersebut, maka aki jenis ini terkenal akan tingkat penguapan yang sangat minim dan tidak memerlukan perawartan yang terlalu rutin.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa hal yang harus diwaspadai dari accu hybrid ini. Layaknya seperti accu kalsium, accu hybrid ini jarang ditemukan di toko-toko. Terlebih, cairan elektrolit di dalamnya memiliki sifat korosif serta berbahaya untuk kulit manusia.

Dan seperti aki mobil konvensional, aki hybrid juga memerlukan penggantian air. Hal ini adalah tindakan perawatan secara rutin dengan cara menambahkan air aki agar aki mampu bekerja dengan optimal dan tetap awet. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan