4 Tips Memeriksa Run Out Camshaft Dengan Benar

Run Out Camshaft

Cara memeriksa run out camshaft sendiri sebenarnya cukup mudah. Namun, sebelum lanjut ke topik utama, kamu perlu mengetahui tentang komponen satu ini. Run out atau kebengkokan ini sering dijadikan indikator untuk menentukan performa sebuah komponen mobil. Apabila tingkatan run out tinggi, maka komponen cenderung menurun performanya. Indikator run out juga biasa digunakan untuk menentukan performa camshaftt.

Ketika nilai run out tinggi pada camshaft, maka akan membuat timing buka-tutup katup terganggu. Dan dampaknya gas yang masuk akan menjadi tidak sesuai dengan jumlahnya. Hal yang sama juga terjadi pada gas yang harus dikeluarkan. Maka dari itu, pemeriksaan camshaft perlu dilakukan secara rutin. Berikut di bawah ini bisa kamu simak penjelasan mengenai tips memeriksa camshaft dengan benar.

Tips Memeriksa Run Out Camshaft

Untuk memeriksa tingkat run out ataupun kebengkokan pada camshaft, kamu perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  1. Pasang camshaft yang ingin dilakukan pemeriksaan pada v-block.
  2. Periksa run out dengan dial indikator. Ukur tepat di bagian journal tengah camshaft.
  3. Setelah muncul hasil ukur, maka bandingkan dengan nilai spesifikasi maksimal kendaraan kamu. Apabila hasil ukur tersebut melebihi nilai spesifikasi maksimal, maka camshaft saat itu perlu diganti dengan yang baru.
  4. Agar pemeriksaan lebih akurat, maka ada baiknya kamu juga memeriksa bagian lain yang ada pada camshaft seperti cam lobe.

Cara Memeriksa Cam Lobe

Selain mengetahui tips memeriksa camshaft, penting juga untuk mengecek cam lobe atau tonjolan nok yang ada pada camshaft. Kamu dapat menggunakan micrometer luar, lalu kemudian lakukan beberapa langkah di bawah ini :

  1. Gunakan mikrmeter luar yang memiliki ukuran sesuai dengan cam lobe milik kamu.
  2. Atur micrometer luar tersebut ke posisi “0” sebelum digunakan.
  3. Ukur tinggi cam lobe milikmu.
  4. Apabila hasil pengukuran sudah muncul, bandingkan hasil pengukuran dengan nilai spesifikasi kendaraam milik kamu.
  5. Jika hasil pengukuran menunjukkan bahwa tinggi cam lobe ada di bawah batas minimum, maka segera mengganti camshaft secepatnya.

Dan itu dia tips memeriksa run out camshaft mobil dengan benar dan juga tepat. Ikuti langkah di atas dengan tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan