Ban Mobil Harus Lurus Saat Parkir, Benarkah?

Ban Mobil Harus Lurus Saat Parkir, Benarkah

Benarkah ban mobil harus lurus saat parkir? Ya, bagi sebagian orang pasti sering mendengar pertanyaan semacam ini. Sebab, hal ini juga masih banyak beredar dalam fakta atau mitos. Idealnya, pemilik mobil sebaiknya memang harus memperhatikan beberapa aspek saat akan parkir, salah satunya yaitu sisi keselamatan dan juga sisi ekonomis saat memarkirkan kendaraan.

Selain itu, banyak orang yang beranggapan bahwa posisi ban harus selalu lurus saat parkir mobil. Sebab, jika tidak dapat merusak beberapa komponen seperti kemudi jika posisi ban berbelok untuk waktu yang cukup lama. Padahal, posisi ban mobil saat parkir disesuaikan dengan medan atau tempat yang akan digunakan. Fakta lainnya, ban yang dibelokkan saat parkir tidak akan langsung merusak komponen mobil seperti merusak sistem power steering atau elektronik power steering sekalipun.

Posisi Ban Mobil Saat Parkir

Sebenarnya, posisi ban mobil tidak selalu harus lurus. Hal ini tergantung situasi dan kondisi tempat parkir yang akan kamu gunakan. Justru, membelokkan ban harus dilakukan jika kamu memarkirkan mobil di jalan yang menanjak ataupun menurun. Sebab, ban yang berada dalam posisi lurus biasanya digunakan untuk memudahkan kendaraan ketika parkir secara pararel atau di lahan yang terbatas agar mobil mudah dipindahkan.

Jadi, beberapa tempat memang mengharuskan posisi ban mobil dibelokkan. Tujuannya yaitu untuk meminimalisir kecelakaan ketika rem tangan tidak mampu menahan bobot kendaraan, maka akan tertahan oleh trotoar sehingga mobil tidak lepas kendali atau meluncur saat diparkirkan. Ditambah dapat lebih aman dari sasaran pencurian, sebab untuk mengembalikan setir yang berbelok dibutuhkan kunci mobil.

Kecuali, kamu memang berada di tempat parkir yang datar atau pararel. Sebaiknya, ban mobil berada di posisi lurus untuk memudahkan mobil keluar dari tempat parkir. Disamping itu, dalam situasi ini roda yang lurus saat parkir juga mendukung aspek estetik. Tentu saja, kamu pasti tidak ingin kan jika posisi mobil kamu menjadi paling berbeda dari yang lainnya karena ban berbelok ?

Jadi, tidak benar jika ban mobil harus lurus saat parkir. Hal ini disesuikan kembali tergantung kondisi tempat parkir yang akan kamu gunakan. Sebab, parkir di tempat datar, jalan menurun dan juga menanjak posisi bannya berbeda-beda.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan