Cara Kerja Mesin Diesel yang Wajib Diketahui

Cara Kerja Mesin Diesel

Cara kerja mesin diesel memang berbeda dibandingkan dengan mobil besin, karena berbeda tersebut maka untuk perawatannya juga cukup berbeda. Di dalam dunia otomotif sendiri ada dua jenis mesin yang dipasangkan pada sebuah mobil, yaitu mesin diesel dan juga bensin. Untuk mesin bensin sendiri kamu pasti sudah mengetahui bahan bakar apa yang digunakan oleh mobil jenis ini.

Lalu, apa bahan bakar yang digunakan oleh mobil dengan mesin diesel? Bahan bakar mesin diesel adalah solar. Sebagai salah satu jenis mobil yang sering digunakan oleh kendaraan besar seperti truk dan bus, bagaimanakah cara kerja mesin diesel ini?

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan yang lebih jauh, kamu perlu mengetahui dahulu bahwa mesin diesel ini tak hanya digunakan oleh kendaraan dengan bodi besar saja. Ada juga beberapa pilihan mobil penumpang dengan mesin diesel seperti Toyota New Innova dan juga Toyota All New Fortuner. Dikenal dengan mesin yang handal dan juga tangguh, mesin diesel ini memiliki cara kerja yang menarik dan perlu kamu ketahui secara mendalam.

Untuk itu, berikut di bawah ini adalah cara kerja mesin diesel yang bisa kamu simak ulasannya beriku ini :

Cara Kerja Mesin Diesel

Perlu diketahui, ada empat langkah yang perlu dilalui ketika mesin diesel sedang bekerja. Tentu saja keempat langkah tersebut saling terhubung sehingga mampu menghasilkan kinerja dan performa untuk mobil secara maksimal. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Langkah Isap

Langkah ini terjadi dan akan bekerja dengan udara yang masuk ke dalam ruang bakar melalui bagian katup mobil. Kondisi ini terjadi karena piston atau torak mengalami pergerakkan dari arah TMA menuju TMB. Untuk kondisi katup buangnya sendiri masih tertutup ketika langkah ini mulai bekerja. Untuk itu lah kamu perlu mengetahui terlebih dahulu oli yang cocok untuk mobil kamu agar tak salah oli dikemudian hari.

2. Langkah Kompresi

Setelah melalui langkah pertama alias langkah isap, maka langkah selanjutnya adalah langkah kompresi. Sesuai dengan nama dari langkah ini, ada proses kompresi yang terjadi di dalam mesin diesel karena proses memampatkan udara oleh piston ketika bergerak dari TMB ke TMA. Bagian katup udara isap dan juga udara buang dalam keadaan tertutup. Dengan begitu maka akan mengakibatkan tekanan dan juga suhu menjadi naik.

3. Langkah Kerja

Proses pembakaran terjadi pada proses atau di langkah kerja ini. Proses ini membuat piston mulai bergerak mendorok serta bekerja untuk menggerakkan mesin mobil itu sendiri. Selain itu juga proses ini terus berjalan ketika piston bergerak dari TMA ke TMB.

4. Langkah Buang

Langkah ini menjadi yang terakhir dalam hal cara kerja mesin diesel. Hasil pembakaran yang dihasilkan kemudian akan dibuang melalui katup pembuangan. Ketika proses ini berlangsung, kondisi piston akan tetap bergerak dari TMA ke TMB, lalu untuk katup isapnya sendiri akan tertutup.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan