Cara Merawat Mobil Diesel Agar Tetap Awet Digunakan

Cara Merawat Mobil Diesel

Cara Merawat Mobil Diesel – Mobil diesel adalah mobil yang sering diincar oleh banyak orang karena dikenal sebagai mobil tangguh dan juga awet. Walaupun begitu, mobil diesel juga ternyata bisa terkena ‘penyakit’ apabila penggunanya abai terhadap perawatan. Merawat mobil diesel sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, karena memang tidak begitu beda dengan merawat mobil dengan mesin bensin.

Cara Merawat Mobil Diesel Dengan Benar

Kamu bisa melakukan beberapa hal mudah ini untuk merawat mobil diesel kesayangan. Rutinitas ini bisa kamu lakukan setiap hari atau pada saat melakukan perawatan rutin di bengkel. Untuk mengetahui bagaimana cara merawat mobil diesel dengan benar, silakan simak ulasannya di bawah ini :

1. Gunakan Oli yang Tepat

Pada saat waktu penggantian oli tiba, kamu perlu perhatikan penggunaan oli yang tepat. Khusus untuk mobil diesel, gunakan lah oli mesin yang memiliki spesifikasi sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil itu sendiri. Oli yang tepat ini tentu saja bisa membuat area mesin menjadi dingin sekaligus membersihkan dan melindungi komponen penyusun mesin.

2. Rutin Panaskan Mobil

Berbeda dengan mobil bensin yang gampang panas, mesin diesel ini perlu sekali dipanaskan dahulu sebelum digunakan. Setidaknya proses memanaskan mesin ini perlu dilakukan sekitar 5-10 menit sebelum digunakan. Proses ini dilakukan agar oli bisa tersirkulasi secara optimal dan bisa melumasi seluruh komponen mesin mobil.

3. Gunakan Solar Berkualitas

Untuk pengguna mobil diesel sendiri bisa memilih solar yang memiliki kandungan Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah. Ada baiknya gunakan solar yang memiliki Cetane Number tinggi karena bisa membuat emisi gas buang, saluran bahan bakar, filter solar, dan juga ruang bakar menjadi lebih bersih.

4. Jangan Lupa Ganti Filter

Melakukan penggantian filter bahan bakar dan juga filter udara secara berkala memang jangan sampai dilewatkan. Karena kedua filter tersebut memiliki fungsi krusial untuk menyaring objek-objek yang tidak diinginkan dari luar. Fungsi filter bahan bakar adalah untuk menyaring kandungan solar yang biasanya masih memiliki kandungan air ataupun kotoran.

Sedangkan fungsi filter udara adalah untuk menyaring debu dan juga partikel kotoran lain. Dengan mengganti kedua filter ini secara tepat waktu, maka kotoran-kotoran dari luar bisa tertahan dan tidak masuk ke dalam sistem pembakaran.

5. Perawatan Berkala di Bengkel

Seperti halnya mobil pada umumnya, mobil diesel juga perlu dilakukan perawatan secara berkala di bengkel kepercayaan kamu. Hal ini bertujuan untuk melihat kondisi mobil apakah ada yang bermasalah atau tidak. Lalu membersihkan bagian kotor ataupun mengganti bagian yang memang sudah seharusnya diganti. Perawatan di bengkel ini perlu dilakukan agar mobil diesel bisa terus digunakan dalam kondisi yang optimal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan