Fungsi Karpet Mobil dan Cara Membersihkannya

Fungsi Karpet Mobil

Fungsi Karpet Mobil – Karpet mobil adalah komponen aksesoris mobil yang tak hanya mempercantik tampilan di dalam kabin mobil saja, melainkan juga melindungi karpet bawaan pabrik itu sendiri. Hal ini dikarenakan karpet bawaan pabrik cukup sulit untuk dibersihkan, maka dari itu memerlukan karpet tambahan agar bisa memberi perlingungan ekstra.

Fungsi Karpet Mobil

Karena karpet mobil tambahan dapat dilepas dan dipasang, maka memudahkan pemilik untuk membuang kotoran yang sudah menempel. Fungsi karpet mobil sendiri adalah untuk membantu pemilik untuk menampung kotoran yang jatuh ke lantai kabin mobil. Dan dengan karpet mobil juga dapat menjaga harga jual mobil tetap terjaga karena kondisi karpet bawaan mobil akan selalu terjaga.

Untuk saat ini sudah banyak karpet mobil yang ada di pasaran, bahkan banyak hadir dengan berbagai bentuk salah satunya yang dapat menutupi seluruh lantai kabin. Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli karpet mobil adalah faktor keselamatannya. Pilihlah karpet yang sesuai dan pas dengan ukuran lantai kabin mobil kamu. Apabila melebihi ukuran, maka akan membuat ruang gerak kaki saat menginjak pedal akan terhambat.

Cara Membersihkan Karpet Mobil

Agar selalu nyaman untuk digunakan, maka kebersihan interior ataupun eksterior perlu dijaga. Pada sisi interior, kemungkinan besar akan cepat kotor karena penumpang yang selalu keluar masuk mobil dengan membawa noda yang tentunya dapat mengotori karpet mobil.

Walaupun letaknya ada di bawah jok, tetap saja kebersihan karpet mobil perlu dijaga dengan baik untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mencuci karpet mobil dengan bersih dan benar. Dikutip melalui Garasi.id, berikut beberapa tips untuk membersihkan karpet mobil.

1. Keluarkan Karpet Mobil

Silakan keluarkan karpet yang sudah tercampur dengan noda. Jangan pernah mencoba untuk membersihkan karpet dengan kondisi karpet masih di dalam, hal ini karena noda kotor dapat menyebar ke tempar lain dan akan semakin sulit untuk dibersihkan. Jadi, silakan keluarkan seluruh karpet yang ada di dalam mobil ke tempat terbuka.

2. Cuci Karpet Mobil

Ketika karpet mobil sudah di tempat lapang, silakan bahasi karpet dengan air bersih secara merata. Usahakan guyur karpet dengan air yang cukup banyak sehingga noda keras akan hilang dan dapat dibersihkan. Kemudian, silakan cuci karpet dengan sabun deterjen atau shampo mobil secukupnya pada karpet yang memiliki noda. Semakin banyak noda, maka tarakan sabun atau shampo lebih banyak.

Sikat karpet menggunakan sikat berbentuk kuas lebar untuk bagian noda yang mudah dibersihkan, dan sikat kuas tebal untuk noda yang membandel. Apabila noda sudah hilang, silakan siram air bersih secara merata pada seluruh bagian dan sisi atas ataupun bawah. Pastikan sabun deterjen dan noda pada karpet ikut hilang bersama air.

3. Jemur Karpet Mobil

Jika sudah selesai mencuci karpet, maka selanjutnya silakan jemur karpet pada kondisi yang tidak terkena matahari langsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari warda dasar karpet berubah. Untuk karpet dengan bahan karet, kamu bisa menjemurnya di tempat yang berangin untuk membuatnya kering. Kemudian untuk karpet dengan dengan bahan beludru silakan bersihkan lagi dengan lap yang kering sebelum dijemur.

Jangan lupa untuk membersihkan juga bagian dasar dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan noda pada tempat yang sulit untuk dijangkau. Khusus untuk bagian bagasi, kamu bisa melapisi bagian ini dengan karpet yang mudah dilepas. Usahakan untuk membersihkan karpet setiap satu bulan sekali untuk menjaga kebersihan kabin mobil dan karpet.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan