3 Fungsi Spoiler Mobil yang Wajib Diketahui

Fungsi Spoiler Mobil

Fungsi Spoiler Mobil – Banyak dari pengguna mobil saat ini masih belum memahami tentang fungsi dari fitur-fitur yang ada di mobil. Salah satu fitur yang mungkin banyak yang tidak mengetahui adalah spoiler mobil. Para pemilik kendaraan banyak mengira bahwa fungsi spoiler mobil hanya sebagai hiasan atau termasuk dari sebuah desain.

Padahal, fungsi dari spoiler ini lebih dari itu. Spoiler mobil yang terpasang di mobil akan memberikan efek berupa penambahan performa kendaraan. Untuk mengetahui fungsi lengkap dari spoiler mobil sendiri maka kamu bisa menyimak ulasannya di bawah ini :

Fungsi Spoiler Mobil

1. Menambah Aerodinamis

Fungsi spoiler mobil ini bisa kamu rasakan pada kendaraan berjenis sedan, hatchback, hingga minibus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, spoiler ini sering dianggap oleh para pemilknya hanya sebagai hiasan yang menambah sisi sporty pada mobil.

Padahal, spoiler yang dipasang pada mobil dapat meningkatkan performa dan juga membuatnya lebih aerodinamis. Lekukan pada spoiler juga dapat memberikan kestabilan yang lebih baik. Spoiler juga mampu mengurangi gejala melayang pada saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi.

2. Menghindari Kotoran Dari Belakang

Tak hanya meningkatkan sisi performa dari mobil, fungsi lainnya juga bisa digunakan untuk menangkis kotoran atau debu dari belakang. Khususnya pada mobil jenis hatchback yang memang sering mengalami turbulensi udara di area belakang. Turbulensi ini tentu saja dapat mengakibatkan banyak debu yang beterbangan di sekitarnya.

Namun, apabila mobil dipasang spoiler, maka turbulensi akan bisa dikurangi dan tentu saja akan mengurangi kotoran menempel pada kaca belakang.

3. Meningkatkan Pengendalian Mobil

Ketika sedang berkendara di jalan bebas hambatan seperti tol, kamu pasti akan secara otomatis menaikkan kecepatan. Dan tanpa disadari, hal ini menyebabkan angin yang terhempas ke arah mobil akan semakin kencang.

Jika kamu tidak memegang setir dengan kuat, maka bisa jadi kendali mobil akan oleng dan seperti melayang diterpa angin. Kondisi seperti bisa terjadi akibat mobil tidak dilengkapi dengan spoiler. Aliran angin yang cukup kencang dapat membuat daya angkat mobil semakin tinggi dan bodi kendaraan menjadi limbung.

Namun, ketika bagian belakang sudah dilengkapi spoiler, maka gaya angkat ini dapat ditekan. Spoiler dapat memberik sebuah tekanan ke bawah untuk melawan gaya angkat sehingga kontrol mobil akan menjadi lebih stabil dan juga mudah.

Dan itu dia 3 fungsi spoiler mobil yang wajib kamu ketahui. Jadi, jangan anggap sepele lagi spoiler mobil yah. Karena memang kehadirannya tak hanya sebagai hiasan, namun juga dapat meningkatkan performa dan keamanan pada mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan